27.3 C
Bogor
Saturday, July 20, 2024

Buy now

spot_img

Kementan Komitmen Jaga Integritas Pegawai Lewat Sosialisasi SPI

JURNAL Inspirasi – Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar sosialilasi  hasil survei penilaian integritas tahun 2023 yang diselenggarakan pada Rabu (29/05/2024) oleh Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian dihadiri oleh seluruh jajaran lingkup Kementan secara luring di Kantor Pusat Kementerian Pertanain dan daring melalui aplikasi zoom. Hal ini sebagai bentuk komitmen Kementan membangun integritas dan mencegah korupsi.

Hal itu sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman untuk menyelenggarakan sosialisasi internal tentang pemahaman antikorupsi. Mentan Amran dalam berbagai kesempatan menegaskan integritas menjadi langkah pertama untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat.

Sebagai informasi, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melaporkan hasil Survei Penilaian Integritas (SPI) Tahun 2023 kepada Kementan. Survei tersebut mendorong Kementan untuk melakukan perbaikan guna memberantas kasus korupsi.

Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan, Setyo Budiyanto mengatakan, pihaknya berkomitmen melakukan perbaikan salah satunya melalui kerjasama dan membangun komitmen dengan seluruh pegawai Kementan.

“Harapannya kita bisa tingkatkan (nilai) dan itu membutuhkan kerjasama serta kerja keras dari semua pegawai.” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, Setyo mengarahkan kepada seluruh pegawai Kementan untuk melakukan manajemen media berupa “kampanye narasi” dan “kampanye opini” guna membangun dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap Kementan.

Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Kementan Nurwahida menyampaikan aspek penilaian SPI memiliki bobot terbesar dalam penilaian reformasi birokrasi. Nurwahida menekankan pentingnya mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat dan menerapkan core values BerAkhlak dalam bekerja.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Yusral Tahir mengarahkan kepada seluruh ASN maupun Non-ASN untuk menghadiri sosialisasi tersebut yang bertempat di Aula Bina Karakter BBPMKP. 

Kegiatan ini merupakan proses internalisasi yang mendorong pemahaman dan peningkatan integritas kepada ASN dan Non-ASN lingkup BBPMKP terhadap pelaksanaan dan penilaian SPI di lingkungan BBPMKP, dengan target nilai SPI dan reformasi birokrasi di BBPMKP semakin baik di tahun 2024.

(BPPSDMP/BBPMKP)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles