32.6 C
Bogor
Wednesday, July 3, 2024

Buy now

spot_img

Adanya Pungli di Tempat Wisata, Begini Kata Satgas Saber Pungli Jabar

Jurnal Bogor – Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat menyebut kasus pungli masih didominasi oleh parkir-parkir liar di kawasan wisata. Termasuk kawasan wisata Puncak, Kabupaten Bogor.

Kepala Bidang Ops Satgas Saber Pungli Provinsi Jawa Barat, AKBP Harso Pudjohartono mengatakan, sejauh ini pungli masih didominasi oleh pungli-pungli parkir, yang kita tahu beberapa waktu lalu viral di wilayah Bogor.

Pihaknya tidak memungkiri, kawasan wisata menjadi salah satu obyek dari praktik pungli.

“Berbagai jenis pungutan yang melebihi ketentuan tentu merupakan bagian dari pungli,” ujarnya, Kamis (30/5/2024).

Untuk itu, pihaknya meminta masyarakat proaktif jika menemukan adanya indikasi praktik pungli di kawasan wisata.

“Di himbau kepada masyarakat bila menemukan adanya peristiwa pungli, silahkan bisa melapor kepada kami baik yang di Provinsi maupun kabupaten/kota,” terangnya.

Sebagai bentuk antisipasi, pihaknya juga memiliki mobil keliling yang bertugas dalam memantau kegiatan pariwisata dari praktik pungli. Saat ini, mobil tersebut terus bergerak di kawasan – kawasan wisata di wilayah Jawa Barat.

“Kita punya mobil keliling yang di mana di situ memantau, patroli ke tiap-tiap obyek wisata yang rawan pungli. Kita ngepos, dan melakukan pemantauan,” tuturnya.

Kendati demikian, hanya memiliki satu unit, pihaknya belum menerjunkan mobil tersebut ke wilayah Kabupaten Bogor.

“Sementara ini karena kita baru ada satu mobil di Kabupaten Bogor, sehingga belum mencakup semuanya. Diharapkan dari Saber Pungli Kabupaten Bogor bisa menyelenggarakan serupa,” pungkasnya.

Yudi

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles