Home News Pertanian dan Peternakan, Jadi Andalan Ketahanan Pangan Desa Tugu Selatan

Pertanian dan Peternakan, Jadi Andalan Ketahanan Pangan Desa Tugu Selatan

Jurnal Bogor – Kelompok Tani dan Peternak sapi perah tingkatkan program Ketahanan Pangan tahun 2023 yang berfokus pada sektor pertanian cabai dari Kelompok Tani (Poktan) Karya Tugu Mandiri dan dari Kelompok Peternak (Poknak) sapi perah Tirta Kencana.

Tema panen raya skala Desa digelar di area Kelompok Tani beralamat di Kampung Gandamanah, RT 03 RW 12, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Rabu (29/5/2024).

Kepala Desa Tugu Selatan, M. Eko Widiana mengatakan, Kegiatan perdana tersebut tentu tidak hanya menjadi moment penting bagi warga Desa Tugu Selatan, tetapi juga bagi seluruh komunitas disekitarnya yang turut serta dalam upaya peningkatan ketahanan pangan.

Menurut Casroni, Koordinator BPP Wilayah 7 menyampaikan, bahwa Kelompok Tani Karya Tugu Mandiri dan peternak sapi perah merupakan salah satu kelompok organik yang ada di Kecamatan Cisarua.

“Sudah beberapa kali binaan kami ini di training, baik di Lembang Bandung maupun di Cianjur, bahkan organiknya sudah terverifikasi. Mudah-mudahan ini sebagai langkah awal yang baik untuk program ketahanan pangan kedepan khususnya di Tugu Selatan ini. Selain disini, kami juga mengembangkan pertanian paprica diwilayah Desa Citeko,” terang Casroni.

Ditempat yang sama, Ketua Kelompok Tani Karya Tugu Mandiri Kamal, mengucapkan rasa terima kasih atas dukungan atau support yang diberikan oleh Pemerintah Desa Tugu Selatan dan lembaga lainnya termasuk Pemerintah Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

“Program ketahanan pangan sejauh ini bukan hanya disalurkan kepada Kelompok Tani semata, akan tetapi kepada kelompok peternak yang ada diwilayah Desa Tugu Selatan,” jelasnya.

Disini disebutnya, kata dia, home base atau tempat titik kumpulnya para anggota Kelompok Tani dan ini lahan pertama di Poktan Karya Tugu Mandiri. ” Mengucapkan terima kasih kepada Pemdes dan lembaga lainnya atas kepercayaan serta penyertaan modal untuk kami kelola diarea ini,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BPD Tugu Selatan M. Agus Fatoni, mendukung sekaligus mengapresiasi upaya yang dilakukan Pemerintah Desa dan kelembagaan lainnya termasuk kelompok tani dan peternak sapi perah yang ikut andil dalam program ketahanan pangan di Desanya.

Tiba-tiba ikut panen aja, sementara gak tau nanamnya kapan. “Saya apresiasi upaya Pemdes Tugu Selatan dan kita support para petani milenial serta peternak yang ada di Desa kita,” pungkasnya.

Yudi

Exit mobile version