23.6 C
Bogor
Wednesday, April 17, 2024

Buy now

spot_img

Jelang Ramadhan, Warga Sukaraja Pererat Ukhuwah Islamiyah Melalui Pengajian Bulanan

jurnalinspirasi.co.id – Suasana kebersamaan dan kehangatan di rumah Ketua RT 02, Kampung Sukaraja, Cikeas, Kabupaten Bogor, Minggu (10/3/2024) malam.

Warga mengadakan pengajian bulanan sebagai persiapan menyambut bulan suci Ramadhan pada acara yang diinisiasi oleh sesepuh Kampung Sukaraja, KHR. Ahmad Rija’i.

Pengajian diawali dengan rangkaian kegiatan spiritual dan peningkatan pemahaman tentang Ramadhan.

Kemudian sesi dzikir, tahlil, dan doa yang dipimpin langsung oleh KHR. Ahmad Rija’i. Dia memberikan arahan spiritual dan memotivasi warga untuk memperbanyak amal ibadah menjelang datangnya bulan suci Ramadhan.

Ceramah yang disampaikan dalam pengajian kali ini mengangkat beberapa topik kunci terkait bulan Ramadhan. Salah satunya adalah menentukan awal bulan puasa, yang menjadi momen penting setiap tahunnya. KHR. Ahmad Rija’i memberikan penjelasan rinci tentang kriteria dan metode penentuan kapan bulan puasa dimulai. Mengingat perbedaan pendekatan yang masih sering memunculkan perbedaan pandangan di masyarakat.

“Jika kita berbeda – beda pendapat tentang bulan puasa maka kita kembalikanlah pada pemimpin kita, Allah SWT berfirman dalam Qur’an Surat An – Nisa ayat 59 yang artinya, Hai orang – orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan Ulil Amri di antara kamu,” ungkap KHR. Ahmad Rija’i.

Selain itu, ceramahnya juga membahas syarat-syarat sahnya puasa, memberikan pemahaman mendalam tentang bagaimana menjalankan ibadah puasa dengan benar.

Acara ditutup dengan penuh kebahagiaan melalui pembacaan shalawat, doa bersama, dan sesi makan bersama. Hal ini menjadi momen akrab dan penguatan ukhuwah Islamiyah di antara warga. Kegiatan seperti ini diharapkan dapat terus memperkokoh kebersamaan dan spiritualitas warga dalam menghadapi bulan penuh berkah, Ramadhan.

(fitri aulia lestari/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles