26.6 C
Bogor
Sunday, April 21, 2024

Buy now

spot_img

Ribuan Mahasiswa Baru UIKA Bogor 90% Dinyatakan Lulus Tes B2QI

jurnalinspirasi.co.id – Program bina baca Qur’an intensif (B2QI) tahun ajaran 2023/2024 dilaksanakan di Masjid Al-Hijri 2 yang diikuti seluruh mahasiswa baru Universitas Ibn Khaldun Bogor pada 7 Maret 2024.

Kegiatan ini untuk membangun para mahasiswa UIKA mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan tartil.

Penutupan B2QI ini berlangsung dengan lancar dan khidmat dengan kedatangan Guru Besar juga Direktur Sekolah Pascasarjana yaitu Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin, MS. dan Rektor UIKA Prof. Dr. H. E Mujahidin, M.Si sebagai pengisi tausiah kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bagi tutor terpilih.

Prof. Dr. H. E Mujahidin menyampaikan ucapan terima kasih kepada para dosen dan tutor atas keberlangsungan program B2QI ini.

“Semoga para tutor dapat mengambil manfaat  dan terus menjadi orang yang bermanfaat di masing-masing levelnya yang mampu menciptakan generasi Qurani,” tuturnya dalam sambutan.

Acara selanjutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh H. Nirwan Syafrin Ph.D selaku ketua MKU.

“Tahun ini adalah mahasiswa baru UIKA yang paling terbanyak dari  tahun sebelumnya hingga berjumlah 1325 orang. Dari ribuan mahasiswa tersebut 90% mahasiswa dinyatakan lulus tes dalam membaca Al-Quran dengan baik,tartil dan sesuai kriteria, dan 10% mahasiswa yang tidak lulus tes dinyatakan mengulang di tahun yang akan datang. Sertifikasi B2QI ini sangat berpengaruh menjadi salah satu persyaratan bukti selesai studinya dan akan diwisuda,” kata dia.

Sementara Prof. Dr. KH Didin Hafidhuddin, MS. memberikan tausiah singkat dan nasihat bagi para audiens yaitu orang yang selalu sibuk bekerja, namun mereka yang senantiasa beribadah maknanya kita harus seimbang antara kehidupan dunia dan akhirat.

Menurutnya, ada 3 kunci sukses seorang yaitu Al-Qur’an sebagai pedoman umat Muslim, Al-Bayan adalah kemampuan seseorang dalam berbicara dan berfikir serta Al-Qaul maknanya perkataan atau sarana prasarana dalam menyampaikan Al-Qur’an.

Diakhir acara dilanjutkan dengan penyematan simbolis kepada  tutor terpilih, lalu ditutup dengan doa yang dipimpin oleh Dr. Samsul Basri , M.E.I dengan khusyu dan khidmat.

(salma fauziah/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles