30.6 C
Bogor
Monday, April 15, 2024

Buy now

spot_img

Menkes RI Minta Kader Posyandu Berikan Layanan Kesehatan Hingga Lansia

jurnalinspirasi.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengajak kader posyandu untuk memberikan layanan yang menyeluruh sepanjang tahapan hidup manusia, dimulai dari masa kehamilan hingga usia lanjut (lansia) di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, Senin (4/3/2024).

Dilansir dari kemkes.go.id, Selasa (5/3/2024), menurut Menkes, pelayanan dari kader posyandu selama ini lebih difokuskan pada ibu hamil dan balita. Namun, jumlah masyarakat Indonesia yang lebih dewasa semakin bertambah, dimulai dari remaja, dewasa, sampai lansia.

“Kami meminta kader posyandu bukan hanya melayani ibu hamil dan balita, tapi seluruh siklus hidup, yaitu ibu hamil, balita, remaja, dewasa, dan lansia,” ujar Budi.

Menteri Kesehatan menjelaskan bahwa kader posyandu perlu mengikuti pelatihan agar dapat memberikan pelayanan sepanjang siklus kehidupan manusia. Untuk meningkatkan kemampuan kader posyandu, akan diadakan kelas digital. Sekitar 1,5 juta kader posyandu akan diidentifikasi untuk mengikuti program pendidikan ini.

Selanjutnya, Kementerian Kesehatan berencana untuk menggunakan teknologi digital di posyandu. Langkah ini sesuai dengan arah transformasi kesehatan dalam pilar keenam, yaitu transformasi teknologi kesehatan. Sehingga, diharapkan bahwa seluruh posyandu akan menggunakan sistem pencatatan digital untuk data kesehatan dari masing-masing masyarakat.

“Posyandu bisa punya data orang-orang di bawahnya, jadi tahu yang darah tinggi mana, yang kolesterol mana, jadi harus diingatkan supaya diobati,” lanjutnya.

Sementara dalam acara itu Menkes dan Wamenkes berkesampatan untuk mengapresiasi dan mendengarkan aspirasi langsung dari beberapa perwakilan kader posyandu yang aktif mengabdi di berbagai daerah Indonesia.

(lia puspitasari/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles