23.6 C
Bogor
Wednesday, April 17, 2024

Buy now

spot_img

KUD Dramaga Gelar RAT, Rencanakan Koperasi Dibawah Pengawasan OJK

jurnalinspirasi.co.id – Koperasi Unit Desa (KUD) Dramaga mengelar Rapat Anggota Tahunan (RAT) ke-43 di aula kantor KUD.

RAT yang diselenggarakan, Kamis (29/2) juga dihadiri oleh Camat Dramaga , Ketua Dekopinda Kabupaten Bogor, kepala Dinas Koperasi dan UKM, para anggota, dewan pengawas, serta 10 kepala desa di Kecamatan Dramaga Kabupaten Bogor.

Dalam RAT juga dibuka sesi tanya jawab dalam upaya menampung apa yang menjadi keinginan anggota untuk mengantisipasi kemajuan dan perkembangan Koperasi.

Kepala KUD Dramaga Yayat Supriatna mengungkapkan ada rencana koperasi  dibawah pengawasan OJK. Namun saat ini aturan perundangan -undangan tentang koperasi tengah dibahas oleh DPR RI.

Sesuai aturan untuk usahan simpan pinjam yang modalnya diatas Rp 1 miliar harus dibawa pengawasan OJK.

Tentunya ketika KUD sudah terdaptar di OJK ada efek positifnya. Proses pinjaman tidak bisa selektif karena  nasabah bisa diketahui apakah mereka sudah BI Checking atau tidak .

“Alhamdulillah, ditahun 2023 untuk KUD Sumber Alam Dramaga mengalami kenaikan keuntungan dari sebelumnya 350 juta sekarang sekitar 375 juta pertahun,” ujarnya.

Menanggapi marak masyarakat yang pinjam uang ke ‘Bank Emok’ atau ‘ Keliling’, Yayat meminta masyarakat agar bisa memilih koperasi yang tepat agar tidak terjerat masalah keuangan. Saat ini ada Lembang keuangan KUD Sumber Alam yang sudah ada lebih dari 43 tahun. Alangkah baiknya masyarakat memilih KUD dibandingkan koperasi yang bisa menjerat dengan suku bunga yang tinggi.

“Saat ini KUD Dramaga memiliki tiga unit usaha yakni perdagang, simpan pinjam dan jasa. Dari  18 desa anggota KUD Dramaga beranggota ada sekitar  1.148 orang,” ujarnya.

Sementara itu, Dewan pengawas KUD Sumber Alam, H. Ading mengungkapkan KUD Sumber Alam memiliki dewan pengawas yang bertugas mengawasi dan memonitor kegiatan KUD.

Tentunya sudah menjadi agenda tahunan, KUD Sumber Alam Dramaga mengelar RAT tahun .  Tujuan RAT kali ini memuat pertanggung jawaban pengurus atas pelaksanaan Program Rencana kerja dan rencana pendapatan dan Belanja, tahun anggaran 2023.

“Kita bertugas mengawasi dan memonitor pelaksanaan kegiatan di KUD dan melapor ke anggota lewat RAT.  Aset keseluruhan KUD Sumber Alam Dramaga saat ini mencapai 25 miliar,” tukasnya.

(arip ekon)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles