30.5 C
Bogor
Friday, April 19, 2024

Buy now

spot_img

Rencanakan Kota Dengan 75% Hutan, Nasa Unggah Foto Perbedaan IKN

jurnalbogor.com – Nasa membagikan foto yang menunjukkan perbedaan kondisi hutan IKN (Ibu Kota Nusantara) pada 2022 dan 2024 di laman resminya.

Namun, dilansir dari akun instagram  kukaronline, Kamis (29/02/2024), bagian hutan yang lenyap adalah kawasan hutan produksi.

Tampak dari foto tahun 2022 kondisi lahan Kalimantan Timur banyak bagian yang hijau artinya bagian hijau tersebut masih tertanam pohon – pohon.

Sedangkan foto tahun 2024 terlihat adanya perubahan, pembangunan di IKN menyebabkan berkurangnya sebagian wilayah hutan, dan citra foto yang sebelumnya didominasi oleh warna hijau kini menunjukkan adanya bercak-bercak kecoklatan.

Hal tersebut menunjukkan bahwa  adanya perubahan keadaan lahan Kalimantan Timur selama dua  tahun ini.

Namun, para ahli penelitian dan pihak yang peduli terhadap lingkungan mengungkapkan kekhawatiran bahwa perubahan dalam penggunaan lahan tersebut dapat menimbulkan ancaman terhadap keberlangsungan hutan dan kehidupan satwa liar di sekitar IKN.

Sebab, menurut website resmi ikn.go.id di tahun 2024 IKN baru akan melakukan pemindahan tahap awal, dan merayakan HUT RI disana.

Setelah itu  target penyelesaiannya ada di tahun 2045. Melihat angka – angka tersebut bukanlah waktu yang sebentar, pasti akan terjadi banyak perubahan untuk lingkungan sekitar.

Sementara dilansir dari kumparan sains bahwa foto yang menggambarkan perubahan lahan hijau di IKN diabadikan oleh kamera OLI-2 (Operational Land Imager-2) yang dipasang di satelit pemantau Bumi, Landsat 9, dan kamera OLI di satelit Landsat 8 pada tanggal 26 April 2022 dan 19 Februari 2024.

(roseta al zahra/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles