30.6 C
Bogor
Monday, April 15, 2024

Buy now

spot_img

Menlu Retno Marsudi Dianugerahi Medali Emas Kemerdekaan Pers

jurnalinspirasi.co.id – Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, dianugerahi Medali Emas Kemerdekaan Pers oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) dalam acara puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2024 di Econventional Hall Ecopark Ancol, DKI Jakarta pada Selasa (20/02/2024), yang dihadiri oleh Presiden RI Joko Widodo.

Retno Marsudi

Penghargaan ini diberikan kepada Retno Marsudi atas kontribusinya sebagai pemimpin Kementerian Luar Negeri dalam mendukung peningkatan kualitas jurnalisme Indonesia, termasuk melalui penyelenggaraan Adam Malik Awards (AMA).

“Penghargaan diberikan kepada Menlu Retno atas kontribusi besar sebagai Srikandi Diplomasi Indonesia,” ujar Ketua Umum PWI, Hendry Ch Bangun melalui keterangan tertulis, dikutip Rabu (21/02/2024).

Menurut Hendry Ch Bangun, penghargaan ini diberikan kepada Menlu Retno atas perannya dalam diplomasi Indonesia yang bermartabat dan berdampak global, seperti dalam Presidensi G20 pada tahun 2022 dan Kepemimpinan ASEAN pada tahun 2023 serta isu-isu seperti Palestina.

Medali Emas Kemerdekaan Pers diterima oleh Wakil Menteri Luar Negeri, Pahala Nugraha Mansury, karena Menlu Retno sedang dalam perjalanan dari Doha ke Rio De Janeiro, Brasil untuk menghadiri Pertemuan Menteri Luar Negeri G20, setelah menghadiri pertemuan dengan Sekjen PBB tentang situasi di Afghanistan.

Dilansir dari kemlu.go.id pada Rabu (21/02/2024), Retno Marsudi menyampaikan apresiasi tinggi atas penghargaan ini. Penghargaan ini dipersembahkan Retno untuk seluruh tim Kementerian Luar Negeri.

Medali Emas Kemerdekaan Pers juga pernah diberikan kepada sejumlah tokoh nasional seperti Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono, mantan Panglima TNI Djoko Santoso, dan Ketua BNPB, Letjen Dony Monardo.

Selain itu, Adam Malik Awards (AMA) adalah bentuk penghargaan dari Kementerian Luar Negeri atas kualitas jurnalisme terkait politik luar negeri, yang dievaluasi secara independen oleh para juri profesional dan dianugerahkan setiap tahun.

Pada puncak acara peringatan Hari Pers Nasional 2024, selain Menlu Retno Mursudi, terdapat beberapa tokoh dan pejabat daerah lainnya yang telah meraih penghargaan oleh PWI, seperti Gurbernur Provinsi Sulawesi Utara Dr. Olly Dondokambey, S.E. menerima penghargaan Pena Emas.

Acara peringatan Hari Pers Nasional 2024 dengan tema “Mengawal Transisi Kepemimpinan Nasional dan Merawat Keutuhan Bangsa” juga dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Presiden RI Joko Widodo, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, serta tokoh penting pers dan seluruh pimpinan daerah se-Indonesia lainnya.

Acara tersebut disiarkan langsung melalui beberapa saluran televisi nasional dan live streaming YouTube Pemprov DKI Jakarta.

(lia puspitasari/mg-uik)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles