25.8 C
Bogor
Friday, September 20, 2024

Buy now

spot_img

Dikemas Suasana Harmonis, Dua TPS di Neglasari Usung Tema Valentine

jurnalinspirasi.co.id – Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01, Kampung Malangsari RT 01/01, Desa Neglasari, Dramaga, Kabupaten Bogor menyemarakkan hari pencoblosan dengan memakai pakaian serba warna merah dengan kemasan suasana harmonis dan kedamaian.

Dekorasi TPS tersebut dibuat semenarik mungkin. Tenda yang didominasi dengan warna ungu dan biru muda  serta beberapa hiasan bunga juga dipasang untuk menambah suasana romantis. 

Menanggapi dekorasi yang berbeda dari TPS di sekelilingnya, Ketua TPS 01, Jaya menjelaskan karena bertepatan dengan hari kasih sayang, ia dan anggotanya ingin memeriahkan pesta rakyat kali ini dengan cara yang berbeda.

Pakaian mereka diseragamkan dengan kaos lengan panjang berwarna merah muda, kerudung dan celana hitam. Tampilan TPS di Dramaga dengan mengusung tema Valentine. Tujuannya yakni untuk menambah semangat dan kepercayaan diri pemilih ketika melakukan pencoblosan.

Selain pakaian, seluruh petugas KPPS di TPS 01  juga mendekorasi ruangan dengan merah muda. Misalnya spanduk ucapan selamat datang di depan pintu masuk memakai warna merah muda, dan memberi balon berwarna senada di tiap sisi tembok.

Bahkan taplak meja dan tirai tenda yang digunakan pada TPS  menggunakan warna ungu. Sedangkan untuk daftar pemilih tetap  di TPS 01 yakni sekitar 216 hak pilih .

“Tujuannya tak lain menarik perhatian warga agar semangat datang ke TPS,” ujarnya, Rabu (14/2/2024).

Dia berharap dengan konsep valentine tersebut akan membuat pemilih pemula tertarik sehingga tingkat partisipasi pemilih juga meningkat pada pemilu tahun ini.

“Tentu tujuan dasarnya agar partisipasi pemilih meningkat, terutama yang pemilih pemula. Bertepatan  Valentine bisa dengan memberikan suara sebagai bentuk sayang ke negara Indonesia,” bebernya.

Pemilih TPS 01, Dadang mengaku adanya TPS unik, warga makin antusias mencoblos karena TPS-nya itu membawa suasana yang menyegarkan. Dampaknya, antusias warga ke TPS sangat tinggi.

“Saya berharap Pemilu 2024 dapat menghasilkan pemimpin yang konsisten untuk menepati janji dan tiap ucapan yang telah disampaikan kepada masyarakat ketika masa kampanye,” pintanya.

Sekretariat PPS Desa Neglasari, Kosasih Irvan mengaku di Neglasari ada dua TPS yang mengusung tema valentine yakni TPS 01, dan TPS 02 di Kampung  Malangsari.

“Saya berharap adanya TPS unik tersebut bisa menarik simpati masyarakat untuk datang ke TPS,” tukasnya.

(arip ekon)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles