29.9 C
Bogor
Sunday, February 25, 2024

Buy now

spot_img

Alat Bantu Minim, Dewan Dorong Alokasi Anggaran Tambahan untuk Dinsos

jurnalinspirasi.co.id – Saat ini masih banyaknya masyarakat Kabupaten Bogor yang memerlukan alat bantu bagi para lansia dan kaum disabilitas seperti kursi roda, tongkat dan alat pendengaran.

Anggota DPRD Kabupaten Bogor, Muhamad Romli menyebut kebutuhan bagi disabilitas dan lansia sangat minim.

Melihat kondisi tersebut DPRD Kabupaten Bogor mengalokasikan anggaran tambahan untuk Dinsos Kabupaten Bogor.

Anggaran yang diberikan ke Dinsos tak lain diperuntukkan untuk pembelian kursi roda, tongkat , alat bantu dengar dan Pampers bagi lansia .

Anggota DPRD Kabupaten menerangkan menambah quota anggaran Dinas Sosial Kabupaten Bogor untuk pembelian kursi roda dan tongkat.

“Anggaran pembelian kebutuhan bagi disabilitas dan lansia ditambah dari sebelumnya hanya 200 kursi roda di tahun 2024 menjadi 1.700 kursi roda,” ujarnya, Rabu (7/2/2024)

Politisi dari PPP Kabupaten Bogor tersebut mengungkapkan untuk teknis bantuan tersebut, nantinya IPSM di setiap kecamatan mendata berapa jumlah kebutuhan bagi lansia dan disabilitas.

Setelah itu diusulkan ke Dinsos Kabupaten Bogor untuk dilakukan verifikasi agar bisa tepat sasaran.

Bantuan tersebut nantinya oleh Dinsos diserahkan langsung ke penerima .

” IPSM mendata dan mengajukan siapa saja yang membutuhkan. Lalu, Dinsos Kabupaten Bogor yang bakal mendistribusikan langsung ke penerima,” ujarnya.

Ia berharap dengan banyaknya bantuan untuk disabilitas dan Lansia bisa meringankan beban mereka.

Bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada warga masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus, sehingga dapat mempermudah aktivitas kesehariannya.

“Kita akan perjuangkan agar program bantuan ini bisa terus berlanjut dan diperluas dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat,” ujarnya

Sementara itu Camat Dramaga Atep Sumarno mengungkapkan bantuan kursi roda, alat bantu dengar dan tongkat sangat dibutuhkan lansia dan disabilitas.

Pihak Kecamatan Dramaga bersama Pemerintah Desa dan IPSM sudah melakukan pendataan para penerima bantuan.

Ia berharap lansia dan disabilitas yang ada di wilayah Kecamatan Dramaga bisa mendapatkan bantuan kursi roda, alat bantu dengar dan tongkat dari Dinsos Kabupaten Bogor. Terlebih, kebutuhan tersebut sangat urgen bagi mereka untuk beraktivitas sehari-hari.

“Kita mengusulkan kurang lebih 20 kursi roda dan berharap semua lansia dan disabilitas yang ada di Kecamatan Dramaga bisa terbantu dan memilik kursi roda,” tukasnya.

(arip ekon)

Related Articles

Stay Connected

20,832FansLike
0FollowersFollow
0SubscribersSubscribe
- Advertisement -

Latest Articles