33.3 C
Bogor
Friday, May 17, 2024

Buy now

spot_img

AQUA Ajak Para Pelaku UMKM Bermitra dan Mengembangkan Usaha

jurnalinspirasi.co.id – Melalui program Damping, AQUA menyelenggarakan silaturahmi pelaku UMKM Bogor pada jumat, 2 Feb 2024. Hadir 25 pelaku usaha mikro, yaitu pelaku usaha berupa toko kelontong, warung kopi, warung sembako yang tergabung sebagai Mitra Program.

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat jejaring kerja di antara pelaku UMKM sebagai bagian dari rantai pasokan produk AQUA. Juga sebagai upaya untuk memberikan layanan terbaik kepada konsumen dengan adanya penguasaan product knowledge serta penerapan prinsip budaya perusahaan.

Direktur Karya Masyarakat Mandiri (KMM), Jodi H Iswanto yang juga menjadi pelaksana program ini, memberikan motivasi kepada para peserta untuk selalu mengembangkan kreativitas usaha.

“Kreativitas dalam mewujudkan produk barang dan jasa maupun layanan baru berguna untuk menaikkan daya tawar usaha,” ungkap Jodi.

Koordinator CSR Pabrik AQUA Ciherang, Wawan Setiawan menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada para pelaku UMKM. Dimana, keberadaan pelaku UMKM tersebut sudah menjadi bagian dari rantai pasokan AQUA.

“Program AQUA Damping UMKM ini, menjadi bentuk perhatian perusahan untuk memajukan usaha masyarakat di sekitar perusahaan. Kegiatan program Damping adalah, dalam bentuk pelatihan kapasitas keterampilan pelaku usaha, dukungan visibilitas dan perlengkapan usaha,” papar Wawan penuh semangat.

Sementara itu, Jaka Sunarna, Koordinator CSR Pabrik AQUA Caringin, mengetengahkan budaya blue operation perusahaan yang menjadikan produk AQUA senantiasa terjaga kualitas dan keberlanjutan produknya sejak 1973 hingga hari ini. “Yang kami lakukan selain menjalankan bisnis perusahaan adalah, menjaga keberlangsungan sumberdaya air, bijak dalam berplastik dan dalam menggunakan energi. Blue Operation memastikan kelestarian sumber daya alam dan lingkungan. Budaya ini juga dapat diterapkan dalam operasi usaha maupun kegiatan sehari hari,” kata Jaka mantap.

Adhi Nur H, pelaksana program KMM menyampaikan, materi penguatan UMKM dengan mendorong terlaksananya konsistensi pelaku usaha dalam melaksanakan rencana perbaikan atau pengembangan usaha, mendorong praktek inovasi serta membangun sinergisme.

Aksi pertama dalam hal ini adalah, menyambungkan semua pelaku UMKM ini pada jejaring stok poin terdekat. Sehingga pasokan produk AQUA di outlet UMKM tersedia dengan baik.

Neni, pelaku usaha warung kopi mengaku sangat berterima kasih dengan adanya program ini. Sebab, mulai dari bentuk pendampingan juga support usaha, telah dirasakan manfaatnya.

“Selain telah meningkatkan motivasi dan menambah pengetahuan, juga terbentuk jejaring kerja di antara sesama pelaku usaha UMKM,” tukasnya.

(dede suhendar)

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles