30.4 C
Bogor
Sunday, September 8, 2024

Buy now

spot_img

Bisnis Waralaba Merambah ke Bengkel

Ini Syarat dan Keuntungannya Buka Usaha di Zebua Motor

Bogor | Jurnal Bogor
Bisnis waralaba merupakan cara yang lebih mudah untuk memulai usaha bengkel motor maupun mobil. Pilihan usaha waralaba bengkel motor terdekat yang tersedia ada banyak.

Jika berbicara tentang waralaba atau franchise, yang ada di pikiran banyak orang adalah bisnis kuliner, mau itu minuman, kopi, ayam goreng, dan lain-lain. Namun, sekarang ini bisnis waralaba bukan hanya di dunia kuliner saja, tetapi juga di bidang lain seperti otomotif.

Banyak bengkel yang membuka program kemitraan dalam bisnis bengkel motor atau mobil, jasa servis, hingga penjualan suku cadang/spareparts. Biasanya mereka memiliki program kemitraan yang menawarkan fasilitas dan keuntungan yang beragam.

Zebua Motor  merupakan brand bengkel motor di Kota Bogor maupun di Kabupaten Bogor yang melayani perawatan motor, terutama jenis 250 cc ke bawah. Didirikan pada 2013 oleh Andreas Zebua.

Di Zebua Motor, perawatan sepeda motor dilakukan oleh mekanik profesional menggunakan peralatan lengkap. Suku cadang yang digunakan pun juga berupa genuine sparepart. Ditambah lagi, di Zebua Motor juga memberikan garansi servis.

“Untuk menjadi mitra waralaba bengkel Zebua Motor, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi, serta beberapa tahap yang harus dilalui,” kata owner Zebua Motor Andreas Zebua, Rabu (3/1).

Persyaratan lokasi bengkel memiliki lebar minimal 5 meter, dengan luas bersih minimal 60 meter persegi dan memiliki tempat parkir yang cukup. Dana awal yang dibutuhkan untuk proses awal sekitar Rp100 juta hingga Rp350 juta. Dana tersebut belum termasuk perombakan lokasi.

Tahap-tahap yang harus dilalui berawal dari pengiriman data alamat lokasi, layout dan dimensi bangunan, dan foto ruko kepada pihak Zebua Motor. Setelah itu, pihak Zebua Motor melakukan survei ke lapangan, dan jika dinilai baik akan berlanjut ke proses kesepakatan dan transaksi.

Sesudahnya, dana kebutuhan awal akan ditransfer ke mitra untuk melakukan pembangunan atau renovasi, persiapan kebutuhan operasional, dan pelatihan tenaga kerja. Proses tersebut membutuhkan waktu sekitar 45 hari, sebelum akhirnya bengkel motor waralaba Zebua Motor dibuka (soft opening dan grand opening).

Hasil akhirnya adalah bengkel akan memiliki empat sampai tujuh pit service dan SDM sebanyak enam sampai 14 orang. Target penjualan yang ditetapkan sekitar Rp5 – 9 juta per hari, dengan Return of Investment (ROI) atau balik modal setelah usaha berjalan 18 – 24 bulan.

(wawan h)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles