24.6 C
Bogor
Sunday, September 8, 2024

Buy now

spot_img

Pasang Giri Aliran Cimande Wujud Pertahankan Pencak Silat, Kades Minta Pemkab Bantu Anggaran

Caringin | Jurnal Bogor
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor, melaksanakan kegiatan pasang giri aliran Cimande, di Pendopo Cimande, Caringin, belum lam ini. Acara itu dilakukan sebagai salah satu upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor dalam mempertahankan budaya pencak silat yang merupakan warisan dari leluhur Cimande.

Sebanyak 220 peserta yang terbagi kedalam 12 kategori turut memeriahkan kegiatan budaya tersebut dengan 88 penampilan, mulai dari original atau asli Cimande maupun pengembangan Seni Ibing.

Para peserta yang mengikuti festival  pasang giri aliran Cimande, diikuti oleh anak-anak dibawah usia 14 tahun yang ada di 10 lingkung seni.

Plt Kepala Disbudpar Kabupaten Bogor, Budi Cahyadi Widiardi mengatakan, kegiatan pasang giri yang dilaksanakan di Cimande ini, sebagai wujud nyata dari komitmen Pemkab Bogor dalam melestarikan serta mempromosikan seni bela diri pencak silat Cimande kepada generasi muda yang mewakili kearifan lokal dan nilai-nilai luhur.

 “Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta dan mendukung terlaksananya kegiatan dengan lancar dan sukses,” ungkapnya usai membuka kegiatan pasang giri Cimande beberapa hari lalu.

Kadisparbud Kabupaten Bogor yang akrab disapa Budi CW itu menjelaskan, festival pasang giri ini bukan sekedar ajang perlombaan semata, tetapi dapat dijadikan momentum untuk mempererat tali silaturahmi, saling bertukar pengalaman serta menjalin kerjasama dalam melestarikan budaya yang menjadi jati diri suatu bangsa.

 “Momentum ini jadikan sebagai ajang meningkatkan persaudaraan serta kecintaan terhadap budaya warisan leluhur,” ujarnya.

Budi menambahkan, kegiatan tersebut sengaja diikuti oleh peserta anak-anak dari sejumlah lingkung seni di Kabupaten Bogor, hal itu sebagai langkah regenerasi dan menarik minat serta kecintaan generasi muda terhadap budaya bangsa.

“ Makanya para peserta yang ikut perlombaan ini anak-anak. Tujuan kita untuk meningkatkan kecintaan terhadap Budaya Silat Cimande sejak dini. Jangan sampai anak cucu kita tidak tahu budaya sendiri,” imbuhnya.

Kepala Desa (Kades) Cimande Jaya, Opik Sahridin menyatakan rasa terimakasih kepada Disbudpar Kabupaten Bogor yang sudah mengadakan festival seni budaya Cimande setiap tahun.

“Kegiatan sebagai wujud dukungan terhadap kelangsungan seni budaya Cimande. Dan harapan saya ke depannya agar lebih memperhatikan sarana prasarana pendukung, baik infrastruktur dan perawatan sarana penunjang seni lainnya dari pihak Pemkab Bogor secara khusus,” paparnya.

Opik menjelaskan, selama ini banyak kegiatan budaya dan tradisi di Desa Cimande, seperti acara haul kasepuhan, milad perguruan dan nga bungbang yang pelaksanaannya setiap tanggal 14 maulid.

 “Semua kegiatan itu tidak cukup anggarannya bila hanya di desa saja.  Jujur kami selalu kewalahan, makanya kami mohon ada bentuk perhatian dari Pemkab Bogor dalam mensukseskan kegiatan-kegiatan tersebut,” tukasnya.

(dede suhendar)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles