32.1 C
Bogor
Friday, October 18, 2024

Buy now

spot_img

11 Makam Keramat di Leuwi Manjing Terancam Tergerus Bendungan

Cariu | Jurnal Bogor 
Warga keturunan dari makam karomah yang berada di Kampung Leuwi Manjing atau Waliniis, Desa Cikutamekar, Cariu, Kabupaten Bogor, khawatir apabila pemerintah memaksakan pembangunan as bendungan di tempat ini akan terjadi malapetaka besar. Ada 11 makam atau lebih yang dikaromahkan yang banyak didatangi para peziarah dari dalam maupun luar daerah.

Menurut Abah Sukarman, juru kunci makam karomah sekaligus keturunannya, berdasarkan sejarah, makam yang dikaromahkan itu adalah para tokoh pejuang penyebaran agama Islam dan memperjuangkan tanah air Indonesia waktu melawan penjajah.

“Ya menurut sejarah yang abah tahu, makam yang ada disini adalah para tokoh penyebar agama Islam, dan para pejuang mempertahankan negara Indonesia saat dijajah oleh Belanda, sampai Indonesia merdeka. Para tokoh disini juga ada kaitan dengan Galuh Pakuan Pajajaran dan Cirebon,” ucap Abah Sukarman kepada Jurnal Bogor, Rabu (8/11).

Abah Sukarman juga menyampaikan, budaya adat masyarakat masih terikat pada leluhur, dan warga juga masih bergantung pada pertanian.

“Memang warga masyarakat disini masih memakai budaya adat leluhur sampai saat ini, karena adat leluhur itu bisa menjadi adat yang turun temurun kepada anak cucu sampai penurus keturunan yang ada sekarang. Dan masyarakat disini juga kehidupannya rata-rata petani,” ungkapnya.

Mengenai Kampung yang sudah terkenal namanya Kampung Leuwi Anjing, Abah Sukarman menjelaskan, memang orang sering mensalah artikan atau dipelesetkan nama Kampung di Desa Cikutamekar ini.

“Nama asli dari Kampung ini adalah, Kampung Leuwi Manjing, atau Waliniis, bukan Kampung Leuwi Anjing, yang sudah terkenal sampai saat ini,” jelas Abah Sukarman.

Adanya penolakan oleh warga masyarakat Desa Cikutamekar terkait pembangunan bendungan, Abah Sukarman memaparkan, warga tidak menolak adanya bendungan, yang sudah direncanakan oleh pemerintah selama tapi tidak menggangu lahan pertanian dan makam karomah yang ada tersebut.

“Justeru itu bukan menolak adanya bendungan, tapi menolak as bendungan, supaya lokasi ini kususnya masyarakat Cikutamekar tanah-tanah leluhur yang ada makam karomah ini jangan sampai dipindahkan, abah juga ada amanat dari leluhur agar tanah ini jangan diganggu,” pesannya.

Sementara Uteng Kepala Desa Cikutamekar memaparkan, makam-makam karomah yang berada di Kampung Leuwi Manjing ini jaraknya tidak begitu jauh, semua itu dikelilingi dengan sawah-sawah warga.

“Makam ini terletak di 5 titik bidang yang jaraknya 500 sampai 1000 meter antara satu bidang ke bidang lain dan itu terletak di sebalah barat Kampung Waliniis  yang berdekatan dengan Kali Cibeet sekitar 200 meter. Dan disitu juga termasuk lahan pertanian, yang setiap tahunnya tiga kali panen,” tutur Uteng.

Lebih lanjut ia juga menjelaskan, sebenarnya dari sosialisasi pertama di tahun 2018 masyrakat sudah menyampaikan aspirasinya melalui kepala desa, maupun kelompok masyarakat atau perorangan. Tapi itu seolah-olah tidak diindahkan, bahkan secara tertulis pun sudah mengajukan permohonan agar as bendungan itu dialihkan ke tempat yang tidak menggangu makam dan lahan pertanian.

“Mungkin masyarakat kemarin menggelar aksi protes terkait pembangunan bendungan tapi seolah-olah tidak diindahkan, bahkan secara tertulis pun sudah mengajukan permohonan agar as bendungan itu dialihkan. Akibat aspirasinya tidak ditanggapi, sedang itu sudah berulang kali masyarakat menyampaikan,” ucapnya.

“Kalau sampai ini terealisasikan yang pertama, 85 persen pertanian yang setiap harinya warga bertani, yang dikhawatirkan kalau bendungan ini sampai terelisasi masyarakat akan kehilangan pertanian  soalnya itu sebagai mata pencaharian warga,” sambungnya.

Soal makam leluhur di Kampung Leuwi Manjing ini yang sangat sederhana, Uteng juga menuturkan, ini sudah amanat dari para leluhur agar makam ini harus sederhana.

“Banyak yang bilang kenapa makam leluhur itu biasa-biasa saja saja pembangunannya, jadi leluhur saya mengajarkan tentang kesederhanaan contoh bukti kesederhanaan ini ia mengajarkan para turunannya agar hidup sederhana,” jelasnya.

“Makam disini tidak mau dijadikan sebagai wisata religi, bahkan di tahun 90-an waktu bapak saya sebagai pengurus makam ini,  ia pernah kedatangan dari Dinas Pariwisata, dan Cagar Budaya supaya tercatat tapi ini tidak mau, kenapa tidak mau, menurut leluhur kalau tempat ini dijadikan wisata, jadi yang datang itu bukan hanya yang ziarah saja, tapi dijadikan tempat wisata, otomatis kalau tempat peziarah itu rame maksiat juga akan meningkat,” ucap Uteng kembali.

“Pertanyaan saya apakah mungkin doa kita dijabah posisi tempatnya menjadi kurang baik menurut leluhur ada waktu-waktu tertentu yang dijabah, buktinya banyak pengunjung yang datang dari mana-mana seperti luar kabupaten, atau dari luar Jawa,” sambungnya kembali.

Menurut  Uteng kalau Cibeet ini mau dibendung, yang paling tepat berada dihulu , karena ada cerita para leluhur Kali Cibeet akan dibendung di hulu.

“Harapan saya kalau memang ini bicara untuk masa depan anak cucu kita, bendungan ini harus dilaksanakan, tapi harus ditempat yang pas untuk segala-galanya, yang berarti tidak mengganggu lahan pertanian dan makam-makam karomah yang ada disini,” harapnya.

“Kalau memang pemerintah memaksakan bendungan sesuai awal, ditakutkan ada musibah yang melanda kita semua, musibah besar yang tidak diduga, kenapa kita khawatir kesitu, kita semua punya leluhur, yang namanya melawan orang tua tentunya tidak boleh, kita pastinya akan dilaknat semua,” pungkasnya.

(nay nur’ain)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles