33.4 C
Bogor
Friday, October 18, 2024

Buy now

spot_img

Lahan Kosong Kebakaran, Warga Temukan Puluhan Ekor Ular Mati Terpanggang

Gunung Sindur | Jurnal Bogor
Puluhan ekor ular mati terpanggang akibat lahan kosong di Desa Cibadung, Gunungsindur, Kabupaten Bogor, mengalami kebakaran.

Mulanya kebakaran hebat terjadi pada Selasa (31/10/2023) sekitar  pukul 11.00 wib, akibat salah satu warga membakar sampah yang berserakan. Namun api menyebar ke salah satu lahan kosong hingga hampir menyebar ke pemukiman warga sekitar.

“Iya ada salah satu warga yang membakar sampah hingga merambat ke sejumlah lahan kosong yang mana lahan tersebut ditumbuhi ilalang yang sudah kering,” kata salah satu warga sekitar, Siti Salim.

Menurutnya, kejadian ini sudah kedua kalinya. Namun, kebakaran hebat dan lebih besar terjadi di tahun ini.

“Saya juga merasa panik karena takut merambat ke tower pemancar sinyal serta merambat ke rumah saya,” ujarnya.

Ia mengatakan, kobaran api dipadamkan oleh pemadam kebakaran dan dibantu  warga sekitar. Setelah padam warga sekitar menemukan beberapa ular yang sudah mati terbakar.

“Itu ularnya ada satu ular cobra berukuran 10 meter dan totalnya ada sekitar 20 lebih ular yang terbakar,” tuturnya.

Dia menjelaskan, lokasi tersebut memang kerap dihuni oleh berbagi jenis ular dan ikan, mengingat lokasi tersebut rawa, tetapi saat ini mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

“Dulu memang lahan ini tandus dan tidak ada yang mengelola hingga menjadi rawa, jadi sama warga digunakan untuk memelihara ikan tapi saat ini alami kekeringan,” jelasnya.

Dia berharap agar hal ini tidak kembali terjadi dan pemerintah setempat segera melakukan sosialisasi terhadap warga yang membakar sampah, mengingat saat ini masuk musim kemarau.

“Saya juga merasa khawatir kalau hal ini akan kembali terjadi mengingat kondisi saat ini masuk dalam musim kemarau panjang,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles