27 C
Bogor
Thursday, September 19, 2024

Buy now

spot_img

Apresiasi Terhadap Program Pendidikan Lansia Perempuan ICMI

Jurnalinspirasi.co.id – Saya share  video ucapan selamat Hari Lansia Nasional dari Dr.dr H.Andi Sofyan, yang menurut saya sungguh menarik informainya buat sahabat saya Ketum Perempuan ICMI Pusat, dkk sebagai pemerhati dan peduli kehidupan lansia di Indonesia yang kian membesar populasinya. Hal ini akibat semakin meningkat usia harapan hidup rakyat Indonesia, kini rata-rata sudah mencapai 73-75 tahun.

Saya sungguh tertarik dengan diskusi kita soal persoalan masa depan dan tantangan kehidupan lansia Indonesia.

Berbagai Ide kreatif dan inovatif yang kita diskusikan sepanjang perjalan pulang ke Bogor via tol Jagorawi, kemarin 25 Oktober 2023, sepulang rapat panitia Silaknas ICMI 2023 di ICMI Centre Jakarta, menarik untuk kita tindak lanjuti menjadi program unggulan ICMI.

Jika memungkinkan isu-isu strategis pembinaan pembinaan lansia bisa dikedepankan dan diperbincangkan dalam forum Silaknas ICMI tahun 2023, pada 2-6 November 2023 di Makassar Sulsel, nanti.

Selama ini kita sudah sedemikian banyak waktu, tenaga, pikiran dan biaya untuk pengembangan  program pendidikan Paud, Dikmen dan Pendidikan Tinggi serta Ponpes, tapi khusus pendidikan orang lanjut usia (lansia) masih jarang terdengar, amat langka, bahkan mungkin belum ada di tanah air.

Gagasan ibu Dra Hj Welya Sawitri M.Pd., Ketum MPP Perempuan ICMI untuk masuk ke persoalan pendidikan lansia di tanah air kita, sangat patut kita dukung.

Saya sudah pernah menyaksikan pelaksanaan Pesantren Kilat orang usia laniut  (Sanlat Lansia) di salah hotel mewah di Jakarta Pusat, dan saya hadir sekaligus memberikan sambutan atas nama MPP ICMI. Saya menilai kegiatan Sanlat Lansia tersebut sangat bermanfaat dan dibutuhkan umat Islam Indonesia, terutama keluarga-keluarga muslim yang bercita-cita dalam kehidupannya berbahagia yang dirahmati Allah SWT, dan insya Allah diakhir hayatnya, hidup sehat, selalu berbahagia bersama keluarganya, rajin beribadah. Jika sudah waktunya husnul khotimah. Aamiin YRA.

Saya share video, informasi peringatan Hari Lansia Nasional, yang disajikan oleh Dr.dr.H.Andi Sofyan H, beliau bicara soal kondisi kesehatan orang lain yang mengandung banyak bahan pelajaran. Dengan adanya isi video lansia ini, hendaknya semakin tergerak untuk melakukan program dan kegiatan pendidikan lansia oleh ormas Batom MPP Perempuan ICMI, dibawah pimpinan aktivis Muslimah Indonesia yang gigih ibu Welya Sawitri.

Kemarin, saya dengan ibu Welya mengalokasikan waktu setelah rapat panitia Silaknas ICMI 2023, di lantai 3 ICMI Center, kemudian saya dan ibu Welya berpindah ngobrol dan berdiskusi ke ruang kantor Perempuan ICMI Pusat di lantai 2 ICMI Center Jln Warung Jati no.1 Jaksel.

Begitu banyak gagasan ibu Welya yang saya dengar dan serap, sepanjangan jalan kami pulang menuju ke Kota Bogor pada sore itu, kami sharing ide dan informasi. Dan saya tertarik dan terkesan serta bisa memetik pelajaran (lesson learned) dan bahkan tampak peluang dan tantangan yang besar, serta sangat mulia, agar MPP ICMI ikut memotori program-program pemberdayaan lansia berbasis Dinul Islam (Al Quran dan Sunnah Rasullullah, Muhammad SAW).

Pertanyaan dan bahan perenungan kita, sudahkan paham dan mengerti apa dan bagaimana konsepsi pola dan strategi  pembinaan dan pendidikan ldalam perspektif Dinnul Islam?.

Lantas kemudian sudah adakah “Sekolah Lansia” agar para orangtua lansia bisa hidup sehat walaffiat,  berbahagia dan husnul khotimah, saya belum mendapat beritanya soal itu, apakah sudah ada atau belum?

Yang saya tahu, baru ada program Sanlat Lansia, yang telah dikerjakan sejak lama oleh seorang sosok kreatif dan inovatif ibu Welya Sawitri, aktivis sosial-politik Indonesia, pernah aktif di DPP MUI dan DPP PAN dll.

Semoga share video tentang lansia, bisa pemberi penyemangat agar ICMI terus bergerak untuk pengembangan program 5 K ICMI, terutama peningkatan kualitas rumah tangga sakinah mawaddah warohmah dimana pendidikan lansia menjadi elemen terpenting.

Saya mengappresiasi terhadap pendidikan lansia, yang kini digagas Perempuan DPP Perempuan ICMI.
Selamat beramar makruf dan nahi mungkar.
Selamat Hari Lansia Nasional tahun 2023.
Syukron barakallah.
Wassalam

===✅✅✅

Penulis:
Dr.Ir.H.Apendi Arsyad,M.Si
Dosen (Assosiate Profesor) dan Pendiri Universitas Djuanda Bogor, Pendiri dan Wasek Wankar ICMI Pusat merangkap Ketua Wanhat MPW ICMI Orwil Khusus Bogor, Konsultan, K/L negara, Pegiat dan Pengamat Sosial

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles