28.9 C
Bogor
Wednesday, July 3, 2024

Buy now

spot_img

Sekdes Cikarawang Hengkang dari Desa, Ada Apa?

Dramaga | Jurnal Bogor
Terhitung akhir September 2023 lalu, Sekretaris Desa Cikarawang Muhamad Yusuf resmi mengundurkan diri dari jabatannya. Padahal Muhamad Yusuf yang sudah satu bulan undur diri tersebut, selama ini dinilai handal dan cekatan. Dia tercatat sebagai pegawai desa paling terlama dan berpengalaman dan  memulai aktivitas di kantor Desa Cikarawang, terhitung sejak era Kepala Desa Suhandi.

Barulah begitu Suhendi lengser digantikan Kades Sapturi Wijaya, posisi Muhamad Yusuf yang awalnya hanya staf desa biasa, akhirnya ditunjuk kepala desa terpilih Sapturi Wijaya untuk menjadi sekdesnya.

Sayangnya, jabatan Sekdes yang diemban Muhamad Yusuf ini belum terhitung 15  tahun lebih, sehingga belum dapat diusulkan menjadi Pegawai negeri Sipil (PNS) seperti yang didapat oleh beberapa mantan Sekdes di Dramaga yang kini posisinya sudah naik menjadi PNS.

Saat Jurnal Bogor menelusuri apa yang menjadi penyebab hengkangnya Muhamad Yusuf dari jabatannya sebagai Sekretaris Desa Cikarawang pada September lalu, akhirnya terjawab.

“Betul, Pak Muhamad Yusuf terhitung akhir September kemarin mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Sekdes Cikarawang,” kata Staf Pelayanan Desa Cikarawang Boni kepada Jurnal Bogor, Rabu (25/10/2023).

Yang menjadi alasan Sekdes Muhamad Yusuf mengundurkan diri dari jabatannya kata Boni, tak lain karena waktunya banyak tersita oleh bisnis yang dikelolanya. “Membuka usaha laundry di rumahnya”, ungkap Boni.

Pengunduran diri Muhamad Yusuf jelas Boni, sudah dinyatakan resmi dan sudah diterima oleh kepala desa.

“Termasuk alasan pengunduran diri pak Yusuf, karena bertumpuknya pekerjaan yang ia emban baik di kantor desa maupun di bisnis laundry, sehingga membuat pak mantan Sekdes kami itu lebih memilih yang terbaik, yakni memilih lebih fokus untuk mengelola bisnis usaha laundry saja,” ujarnya.

Muhamad Yusuf sendiri ketika dihubungi Jurnal Bogor menjelaskan alasannya.

“Benar, saya mengundurkan diri dari jabatan saya sebagai Sekretaris Desa Cikarawang tepat di akhir September kemarin,” jawabnya.

Dia membenarkan alasan mundur karena kesibukan menjalankan usaha laundry yang sudah lebih dari setahun, dirasakan sangat menyita waktu.

“Semua sudah saya putuskan dengan matang, apalagi begitu usaha laundry saya mendapat kontrak dari beberapa pesantren yang ada di wilayah Desa Cikarawang maupun sekitarnya. Maka sejak itulah waktu saya banyak tersita di bisnis laundry. Makanya, saya lebih baik mengundurkan diri saja dari jabatan Sekretaris Desa Cikarawang, daripada nantinya pekerjaan saya di desa selalu terbengkalai dan mengganggu palayanan,” pungkasnya.

** Bayup

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles