32.8 C
Bogor
Sunday, August 25, 2024

Buy now

spot_img

Bisnis Kuliner dan Restaurant Bermunculan, Simpang Tiga JLD Dramaga Bakal Macet Parah

Dramaga | Jurnal Bogor
Bak tumbuh bagai jamur di musim hujan, serba serbi bisnis kuliner yang dikelola mulai dari kelas rumah makan sederhana, hingga restaurant papan atas, kini marak bermunculan di sepanjang kiri kanan jalan mulai dari pertigaan Jalan Raya Caringin Dramaga, hingga merambah ke Jalan Lingkar Dramaga (JLD), menuju pertigaan jalan Desa Babakan, Dramaga, Kabupaten Bogor.

Dipastikan kemunculan bisnis kuliner dan restaurant yang tumbuh bagai jamur di musim hujan tersebut, kawasan jalan nasional Dramaga yang jauh jauh hari sebelumnya sudah diprediksikan oleh banyak pihak, akan bakal mengalami peningkatan volume kendaraan yang lebih signifikan lagi dari waktu-waktu sebelumnya, akan terjadi pada hitungan waktu beberapa minggu kedepan.

Ibrahim Adnan, warga Desa Dramaga mengatakan, tidak perlu ia sebutkan satu persatu nama nama rumah makan dan restaurant yang bermuculan di kiri kanan jalan raya nasional Dramaga mulai dari rumah makan kelas anak tangga hingga papan atas.

“Yang pasti Jalan Raya Dramaga dalam hitungan beberapa hari hingga dua bulan kedepan sampai awal tahun baru 2024, akan mengalami kemacetan lalu lintas yang lebih parah dari sebelumnya,” kata Ibrahim Adnan kepada Jurnal Bogor.

Dengan semakin suburnya pertumbuhan bisnis kuliner, restaurant dan rumah makan di kawasan tersebut, kondisi lebar badan jalan raya nasional Dramaga, ia nilai sudah tidak layak lagi dengan lebar badan jalannya yang ada saat ini. Menurutnya, minimal lebar badan jalan nasional Dramaga sama dengan Jalan Raya Kemang atau jalan raya depan perumahan Bilabong.

“Saya yakini ya, semakin hari jalan raya nasional Dramaga, mulai dari jalan Raya Margajaya, tidak akan sanggup menampung fenomena tingginya volume kendaraan dalam beberapa waktu kedepan. Alias jalan raya ini akan mengalami kemacetan lalu lintas yang semakin parah, terlebih pada hari Sabtu dan Minggu, bahkan di hari-hari besar nantinya,” tukasnya.

Kanit Lantas Polsek Dramaga Ipda Herlis saat ditemui di Pos Bodali Babakan Raya Kampus IPB menambahkan, memang ada resiko tinggi volume arus lalu lintas akibat pertumbuhan binis di Jalan Raya Nasional Dramaga.

“Kami petugas Lantas Polsek Dramaga akan siap melakukan antisipasinya di lapangan.” tegasnya.

Sedangkan jika nantinya bakal terjadi kemacetan yang lebih parah kata Ipda Herlis, pihaknya sudah siap melakukan rekayasa arus lalu lintas setiap harinya.

“Dimana jalan satu-satunya jika kemacetan parah terjadi di jalan raya nasional Dramaga, khusus bagi kendaraan dari arah Bogor menuju Leuwiliang, akan kami alihkan masuk ke JLD melalui depan Hotel Duta Berlian, selanjutnya akan belok kanan menuju jalan raya Desa Sinarsari, kemudian akan kami arahkan masuk ke jalan alternatif di Desa Neglasari menuju Desa Cihideung Ilir, Ciampea”, tandasnya.

Sementara dari pantauan Jurnal Bogor pada Senin (23/10/2023) pukul 12:00 wib siang hari, arus lalu lintas di pertigaan JLD depan Hotel Duta Berlian terlihat ramai lancar, namun meski terjadi kemacetan kecil, itupun hanya berlangsung sebentar mulai dari Pertigaan Caringin, Pertigaan Jalan Haji Brabas maupun di Pertigaan Jalan Desa Babakan Dramaga.

** Bayup

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles