23.4 C
Bogor
Friday, September 13, 2024

Buy now

spot_img

Maksimalkan Sanitasi, Pemdes Pasirangin Deklarasi ODF

Cileungsi | Jurnal Bogor 
Pemerintah Desa Pasirangin menggelar Deklarasi Open Defecation Free (ODF), dalam upaya penerapan sanitasi total berbasis masyarakat (STBM) di aula kantor desa, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Selasa (26/9/23).

Kepala Desa Pasirangin Ismail HS memaparkan tentang pentingnya sosialisasi ODF atau buang air besar sembarangan.

” Pada hari ini kami mengadakan Deklarasi Desa ODF sebagai pemaksimalan sanitasi,” ucap Ismail kepada Jurnal Bogor.

“Secara umum kondisi Desa Pasirangin sendiri ada beberapa warga yang tentunya tidak memiliki septictank yang menjadi keprihatinan kami. Jadi Pemdes Pasirangin melakukan beberapa langkah-langkah atau terobosan untuk bekerja sama dengan tim tenaga kesehatan yang ada di Desa Pasirangin,” tambahnya.

Ismail menyebut, Pemdes akan melakukan perbaikan dan meminta kepada masyarakat Desa Pasirangin untuk meningkatkan pola hidup sehat dan mempertahankan ODF di wilayah Desa Pasirangin.

“Kita akan lakukan perbaikan terutama dalam sanitasi masyarakat yang menggunakan septictank umum atau septictank individual,” cetusnya.

Sementara Deklarasi ODF dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor diwakili dr Intan Widyawati, Ketua Forum Sehat Kabupaten Bogor Memu, Muspika Kecamatan Cileungsi, instansi Kecamatan Cileungsi, Ketua DPD, Ketua LPM, dan para sesepuh Desa Pasirangin.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles