31 C
Bogor
Sunday, September 29, 2024

Buy now

spot_img

UPT Infrastruktur Pengairan Respons Warga Petani, Bendungan Cimaya Bakal Diperbaiki Tahun Depan

2024 Do Reguler dan Terlebih Dahulu Masuk SIPD

Leuwisadeng l Jurnal Bogor
Petani di Desa Leuwisadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor berharap bendungan Cimaya yang sudah lama jebol untuk mengairi pesawahan mereka segera ada perbaikan. Bendungan Cimaya berada di Kampung Cimaya RT 03 RW 2, Leuwisadeng.

Kepala UPT Infrastruktur Irigasi Kelas A wilayah IV Leuwiliang Ruddy Supandi merespons baik keinginan petani yang ingin adanya perbaikan bendungan yang selama ini sebagai sumber pengairan ke pesawahan mereka. Bahkan pihaknya sempat  mengajukan melalui anggaran belanja tambahan (ABT) tetapi anggarannya tidak mencukupi  untuk memperbaiki bendungan itu.

“Enggak cukup kalau pakai anggarn ABT, namun untuk perbaikan bendungan itu, kita optimalkan pada DO reguler. Pada tahun 2024 depan bendungan Cimaya akan masuk pada pembangunan regular,” Jelasnya saat dihubungi Jurnal Bogor, Rabu (13/9).

Rudy Sopandi menerangkan, perihal rencana perbaikan bendungan Cimaya pihak Pemerintah Desa Leuwisadeng  harus memasukan sebagai data pendukung pada Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD).

“Untuk rencana perbaikan bendungan Cimaya tahun depan, Pemerintah Desa Leuwisadeng harus ajukan kemudian dimasukan ke SIPD,” terang Rudi.

Sementara itu Kepala Desa Leuwisadeng melalui staf desa Dadang Abdullah langsung menginput data seputar pengajuan perbaikan bendungan Cimaya.

“Sudah dikomunikasikan melalui operator desa dengan pihak Kecamatan Leuwisadeng agar input data pengajuan bendungan tersebut segera masuk ke SIPD. Perihal ini langsung saya komunikasikan dengan pihak kecamatan,” ujar Dadang.

Setelah itu, perbaikan bendungan untuk mengairi puluhan hektare sawah milik petani diharapkan bisa terealisasi tahun 2024.

** Arip Ekon.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles