33.4 C
Bogor
Friday, September 20, 2024

Buy now

spot_img

Pertahankan Tradisi, Desa Cihud dan Disbudpar Gelar Wayang Golek

Ciampea | Jurnal Bogor

Dalam menjaga dan mempertahankan tradisi lokal, Pemerintah Desa Cihideung Udik (Cihud), Ciampea bersama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Bogor menggelar pertunjukan wayang golek, Sabtu (2/9/2023).

Pertunjukan ini sebagai bagian dari acara malam resepsi tasyakuran dalam rangka perayaan Hari Kemerdekaan RI yang ke-78 dan memperkenalkan budaya Sunda.

Pagelaran wayang golek semalaman suntuk dengan Dalang Ki Ogi Sabda Permana melibatkan para tokoh seni dan budaya dan dilengkapi bazar murah UMKM . Selain dihadiri para kepala desa se-Kecamatan  Ciampea turut hadir juga komedian Azis Gagap.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Deni Humaedi menuturkan tujuan digelarnya wayang golek, salah satunya untuk melestarikan  dan mengembangkan seni pewayangan di kalangan masyarakat, terutama generasi muda. Wayang golek merupakan media yang tepat dan lebih mudah dicerna. Isi cerita yang disampaikan dalang selain informasi tentang pembangunan juga informasi yang berhubungan dengan pewayangan.

“Saya berharap dengan pagelaran ini seni pewayangan bisa lestari di kalangan generasi muda. Seni peninggalan leluhur ini tidak saja sebagai tontonan tetapi merupakan tuntunan dan  bisa memunculkan para dalang muda,” ujarnya

Sementara itu Kepala Desa Cihud Denny mengungkapkan pagelaran wayang golek keliling (goling) merupakan rangkaian semarak HUT RI ke-78 di Desa Cihideung Udik. Goling) sendiri merupakan kerjasama Disbudpar Kabupaten Bogor dengan Pemdes Cihud dalam rangka melestarikan budaya Sunda.

Tidak hanya wayang golek, puncaknya dilanjutkan senam massal, dan malamnya dilanjutkan pentas seni anak.

“Saya berharap dengan adanya wayang golek di Desa Cihud masyarakat tidak lupa indentitas bahwa kita punya kesenian tradisional yang harus dilestarikan,” tukasnya. Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles