24.6 C
Bogor
Friday, September 20, 2024

Buy now

spot_img

IJTI Bogor Raya, Muspika, Pelajar dan Warga Bantarkaret Bersihkan Sungai Cikaniki

Nanggung | Jurnal Bogor

Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Korda Bogor Raya berkolaborasi bersama Muspika dan masyarakat Desa Bantarkaret, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor melakukan aksi bersih-bersih sungai Cikaniki.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun ke-25 IJTI yang sekaligus rangkaian HUT Kemerdekaan ke-78 RI. Tak hanya Muspika, secara sukarela ratusan pelajar dari dua sekolahan tak luput juga ikut turun ke sungai berjibaku melakukan aksi tersebut.

Salah satu wakil kepala sekolah Muhammad Repi mengatakan, kegiatan tersebut sangat positif karena selain untuk mengedukasi terhadap anak-anak didiknya, juga sebagai upaya pencegahan dini terjadi banjir.

“Ini sangat bagus, terlebih melibatkan para peserta anak didik dan masyarakat yang mendukung penuh dengan Cikaniki bersih,” katanya, Jumat (25/08/2023).

Dia berharap kegiatan tersebut terus dapat berkesinambungan, sehingga menjadi contoh masyarakat yang berada di aliran sungai Cikaniki tersebut. “Saya berharap kegiatan seperti ini terus di follow up dan harus menjadi kegiatan yang bisa menyadarkan masyarakat agar tidak buang sampah sembarangan,” katanya.

Sementara, diakui Kapolsek Nanggung AKP Jony Handoko, kegiatan ini cukup membuat antusias sekaligus mengundang partisipasi banyak kalangan sekitar Kecamatan Nanggung.

“Cukup antusias masyarakat sekitar dalam mengikuti kegiatan ini, terbukti ada ratusan pelajar, dan masyarakat sekitar cukup antusias dalam membersihkan sungai Cikaniki,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Camat Nanggung Ae Saefullah mengatakan, pihaknya cukup berterimakasih dengan kegiatan bersih bersih sungai tersebut.

Ae menyebut sungai Cikaniki ini merupakan sumber air masyarakat sekitar yang berada di wilayah bantaran sungai Cikaniki, terlebih saat ini ada beberapa desa yang memang memerlukan air.

“Cukup baik karena memang masyarakat kami sedang dilanda kekeringan, oleh sebab itu jika air sungai bersih dari sampah, air sungai dapat dimanfaatkan warga untuk mencuci pakaian dan bersihkan alat rumah tangga,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Aksi Bersih Bersih Sungai Cikaniki, Iman Abdurahman menyatakan, dia dan teman-teman tergerak untuk membersihkan sungai Cikaniki bertepatan dengan HUT ke-25 IJTI , juga bertepatan dengan hari Jumat, dan mengusung tema Jumat bersih.

“Bertepatan dengan hari Jumat, kami lakukan kegiatan bersih bersih sungai, seperti Jumat bersih,” ujarnya.

Iman yang juga jurnalis salah satu tv lokal di Bogor ini, mengaku bahwa, ide untuk membersihkan sungai terbesit saat melihat masyarakat khususnya yang ada di sungai Cikaniki, tetapi melihat masih banyak sampah menumpuk.

“Saya prihatin melihat masyarakat desa yang mengandalkan aliran sungai sebagai sumber untuk kebutuhan mandi cuci ini namun terlihat kotor dan kumuh,” pungkasnya.

** Andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles