24.2 C
Bogor
Wednesday, September 18, 2024

Buy now

spot_img

Antisipasi Kekeringan, Pemdes Pangkaljaya Bangun MCK

Nanggung l Jurnal Bogor

Upaya mengatasi persoalan kekeringan air di musim kemarau, Pemerintah Desa Pangkaljaya , Nanggung, Kabupaten Bogor membangun MCK untuk menampung air di Kampung Pangkalan. Dilanjutkan rencana pembuatan sumur.

Alasannya dibangunnya MCK, lantaran ketersediaan air untuk kebutuhan mulai berkurang.

Dibangunnya MCK, masalah utama yang dihadapi masyarakat Pangkaljaya  yaitu kekurangan air selama musim kemarau.

“Tujuan dibangunnya MCK, hal ini mencegah kekeringan ketika musim kemarau berkepanjangan,” ujar Kepala Desa Pangkaljaya Taupik Sumarna, kemarin.

Setelah MCK rampung dan bisa difungsikan, diharapkan warga desa bisa memenuhi kebutuhan air. MCK yang dibangun di Kampung Pangkalan menggunakan anggaran dana desa tahun 2023.

Sementara MCK yang baru dibangun memanfaatkan sumber air aliran kali Ciketug. Menjaga pasokan persediaan air bersih di musim kemarau, kedepannya akan dibuat bangunan sumur.

Sumber air dari  lainnya menjadi kering pada musim kemarau, sebagian warga hanya memanfaatkan kali Cikaniki Ciketug.

“Warga mulai kesulitan untuk mendapatkan air bersih lantaran sumur milik warga juga kering selama musim kemarau,” paparnya.

Di antaranya  membangun sistem menggunakan selang   untuk mengalirkan air sementara dari sumber kali Ciketug yang ditampung pada bak bangunan MCK.

Selain dibangun MCK, Pemerintah Desa Pangkaljaya juga manfaatkan program Samisade salah satunya peningkatan jalan dengan hotmix, tepatnya di Kampung Wates RT 09.

Berikut pembangunan drainase dan hotmix jalan di Kampung Ciketug dan Kampung Kirayam. Lalu pembangunan dari dana desa memakai sistem rabat beton di  RW 08 RT 02 RT 03 Kampung Gunung Malang. “Hotmix juga di jalan RW 02 Kampung Tapos,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles