25.2 C
Bogor
Wednesday, September 25, 2024

Buy now

spot_img

BPDPKS dan Kementan Gelar Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan Pekebun, Peserta Antusias

Jambi | Jurnal Bogor

Pekebun sawit Kabupaten Tanjung Jabung Barat dan Kabupaten Merangin Provinsi Jambi antusias mengikuti materi yang diberikan fasilitator pada Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan Pekebun.

Sebagai informasi, sebanyak 68 pekebun tengah menjadi peserta pelatihan tersebut selama 5 hari dari tanggal 17 – 21 Juli 2023 di Kota Jambi.

Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan Pekebun digelar atas kerjasama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit dengan Balai Besar Pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Pertanian (BBPMKP) Ciawi Bogor. Fasilitator adalah Widyaiswara dari BBPMKP dan mengundang juga narasumber dari Dinas Perkebunan Provinsi Jambi. Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala BBPMKP Ciawi Bogor Yusral Tahir, Selasa (18/7).

Mengenai sawit, Menteri Pertanian menyampaikan bahwa sawit adalah kebanggaan Indonesia karena disaat dunia menghadapi covid, pertanian tetap menjadi bantalan ekonomi. Pada tahun 2020 ekspor Indonesia tumbuh 15 persen dan slah satunya disumbang dari sawit.

Hal senada diungkapkan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi. Ia menuturkan selain menjadi penyumbang devisa negara dari nilai ekspor yang terus meningkat, sawit perperan menjadi penggerak perekonomian daerah, menyerap tenaga kerja dan mendukung pengentasan kemiskinan di perdesaan.

Edi Margono Pekebun asal Desa Cinta Damai Kecamatan Tabir Selatan  Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengatakan materi menarik diikuti. Selain itu contoh – contoh yang disampaikan melalui simulasi oleh fasilitator sangat menginspirasi.

“ Materinya menginspirasi, menarik, dan menyadarkan kami, bahwa kekompakan dalam berkelompok itu penting, ada saling menghargai dalam berkelompok dan dalam bermasyarakat, “ katanya.

Pekebun lain Alek Simamora yang tergabung dalam KUD Bina Usaha  Desa Cinta Damai  dan Tukini pengelola Gapoktan Sinar Bakti Desa Sinar gading Kecamatan Tabir Selatan mengungkapkan dengan pelatihan ini mereka lebih memahami memelihara kekompakan dalam kelompok, mengetahui dinamika berkelompok dan pentingnya kebersamaan dalam berkelompok.

Harapan diutarakan Abdul Majid pekebun dari Desa yang s BPDPKS memberikan kesempatan pekebun berlatih diluar Provinsi dimana mereka mengelola perkebunannya, agar bisa menambah wawasan dan pengalaman.

Pelatihan Penumbuhan Kebersamaan Pekebun merupakan salah satu pelatihan yang dilaksanakan BPDPKS dalam menjalin kerjasama dengan BBPMKP Ciawi, Bogor.  Pelatihan lainnya yakni Pelatihan Manajemen dan Administrasi Keuangan, Pelatihan Kepemimpinan dan Komunikasi, Pelatihan Pengembangan Kelembagaan dan Usaha dan  Pelatihan Penguatan Kelembagaan. BBPMKP Ciawi Bogor menjadi lembaga pelatihan yang dinilai BPDPKS memenuhi kriteria sebagai Lembaga Penyelenggara Pelatihan Pengembangan Sumber Daya Mnusia Perkebunan Kelapa Sawit Tahun 2023, setelah melalui serangkaian  seleksi dan penilaian.

** Regi/BBPMKP

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles