Home Edukasi STIA Menarasiswa Dorong Pelayanan Publik Lebih Baik

STIA Menarasiswa Dorong Pelayanan Publik Lebih Baik

Prof.Dr.Ichsanuddin Noorsy, B.Sc, SH., M.Si

Studium General Masa Depan Ilmu Administrasi Negara di Indonesia

Kemang | Jurnal Bogor

STIA Menarasiswa menggelar Studium General Masa Depan Ilmu Administrasi Negara di Indonesia menghadirkan pakar politik dan ekonomi Prof.Dr.Ichsanuddin Noorsy, B.Sc, SH., M.Si di Aula Prof.Dr.H.Koswara, Sabtu (14/1/2023). Kegiatan ini untuk mendorong mahasiswanya bisa menjadi pelayan masyarakat dalam upaya good public service.

“Administrasi ini memiliki peran penting dalam perubahan paradigma sekarang karena menyentuh hampir semua aspek kehidupan seperti sosial, pemerintahan, hukum dan lain sebagainya. Karena pelayanan publik yang baik telah menjadi kebutuhan masyarakat,” ujar Ketua STIA Menarasiswa, Dr. Saprudin M.Si dalam keterangannya usai acara.

Untuk itu, tertib administrasi, baik publik maupun private atau sektor bisnis akan menjadi tolak ukur seberapa baik sistem pelayanan. Di pemerintahan misalnya, tertib administrasi yang melahirkan sistem pelayanan yang baik hingga menciptakan good governance dan clean government.

“Operasional suatu bisnis (perusahaan) pun tak akan berjalan maksimal manakala administrasinya tidak bagus,” jelas Dr. Saprudin.

Pelayanan publik yang baik dijelaskannya akan memberikan akses pendidikan, pelayanan kesehatan, transportasi publik, air bersih dan lain sebagainya yang bersifat untuk kebutuhan publik diperlukan tata kelola yang baik dalam rangka upaya pemenuhan kebutuhan masyarakat maupun pelaksanaan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Sebab pelayanan publik yang berbentuk segala bentuk jasa pelayanan, baik dalam bentuk barang publik maupun jasa publik di era sekarang ini menjadi kebutuhan. “Ilmu administrasi ini tak akan lekang ditelan zaman karena terus mengalami perubahan seiring berkembangnya zaman,” tandas Dr. Saprudin.

Studium general kata dia masih akan terus dilakukan untuk memberikan ilmu dan wawasan serta diharapkan bisa diterapkan di pemerintahan dan masyarakat. Pada Studium General Masa Depan Ilmu Administrasi Negara di Indonesia kali ini diikuti oleh sejumlah mahasiswa S2,S1 dan D3.

Sementara Prof.Dr.Ichsanuddin Noorsy, B.Sc, SH., M.Si juga menyinggung perlunya melakukan pembaharuan dan perubahan mendasar terhadap sistem penyelenggaraan pemerintahan terutama menyangkut aspek-aspek kelembagaan (organisasi), ketatalaksanaan (business prosess) dan sumber daya manusia aparatur.

“Berbagai permasalahan atau hambatan yang mengakibatkan sistem penyelenggaraan pemerintahan tidak berjalan atau diperkirakan tidak akan berjalan dengan baik harus ditata ulang atau diperbaharui,” jelasnya.

Unutk itu kata dia harus segera diambil langkah-langkah yang bersifat mendasar, komprehensif, dan sistematik, sehingga tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan dapat dicapai dengan efektif dan efisien. “Perlu proses pembaharuan yang dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan,” kata dia.

** Asep S.Sayyev

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version