Home Edukasi Etika Berkomunikasi dengan Dosen via Online

Etika Berkomunikasi dengan Dosen via Online


 
Bogor | Jurnal Inspirasi
 
Memasuki tahun ajaran baru, saat ini setiap universitas negeri maupun swasta membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru untuk menempuh pendidikan yang lebih tinggi, namun saat ini pembelajaran jarak jauh (PJJ) membuat mahasiswa dan dosen diharuskan berinteraksi secara daring, teknologi saat ini semakin berkembang dan mudah tetapi saat berkomunikasi dengan dosen etika sangat diperhatikan.

Dengan berkomunikasi secara daring tak jarang timbul miskomunikasi antara mahasiswa dan dosen bila dilakukan secara tidak tepat, maka dari itu mahasiswa yang ingin bertanya terkait perkuliahan kepada dosen perlu sekali memahami waktu dan etika berkomunikasi yang baik dan tepat.


1.       Hubungi diwaktu kerja.
Sebelumnya mahasiswa perlu mengetahui jam kerja dosen baik dikampus maupun diluar kampus baiknya untuk berkomunikasi mulai dari pukul 08.00 sampai pukul 17.00, diusahakan tidak menggunakan panggilan telepon, jika ingin berkomunikasi saat hari libur atau dimalam hari tentunya harus sudah disepakati secara bersama dengan dosen terkait.


2.       Ucapkan salam dan perkenalkan diri.
Meski dosen sering melakukan perkenalan diawal pertemuan namun ia tak akan ingat karena banyak sekali mahasiswa yang diajar oleh dosen dari berbagai Universitas, dengan mengucapkan salam dan perkenalkan diri seperti nama, nomor induk mahasiswa, mata kuliah, kelas, Universitas dan Fakultas, serta angkatan berapa, perhatikan penggunaan kata Pak/Ibu serta ucapkan nama dosen terkait.


3.       Jelaskan Inti Pertanyaan.
Dosen selalu mempunyai jam kerja yang terbilang cukup sibuk, maka dari itu dalam berkomunikasi dengan dosen diusahakan tidak melontarkan pertannyaan yang berbelit – belit cukup secara singkat padat dan jelas selain itu usahkan juga bahwa tujuan berkomunikasi dengan dosen terkait dalam perkuliahan yang penting.


4.       Penggunaan kata yang baik dan formal.
Berbagai macam karakter dosen dari berbagai Universitas, biasakan menggunakan kata yang baik dan sopan saat berkomunikasi dengan dosen sekalipun dosen tersebut sangat baik dan asyik saat di dalam kelas tetap etika berkomunikasi secara personal harus tetap dilakukan, serta meski cara berkomunikasi yang baik meskipun secara singkat padat dan jelas hindari kata singkatan.


5.       Tutup dengan mengucapkan salam dan terimakasih.
Apabila dosen telah menjawab akhiri dengan mengucapkan salam dan terimakasih atas jawaban serta waktunya, hindari melontarkan beberapa pertanyaan secara beruntun.

Begitulah etika yang baik dalam berkomunikasi dengan dosen bagi mahasiswa baru, dalam proses pengenalan kampus yang dilakukan secara daring membuat mahasiswa baru kurang pemahaman bagaimana lingkungan kampus serta budaya di sekitaran kampus, dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ) juga sering terjadi miskomunikasi atau pesan dan materi yang disampaikan dosen sulit dipahami oleh mahasiswa.
 
** Yudha Rezky Diliantoro-mg/UP

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version