26.3 C
Bogor
Sunday, September 29, 2024

Buy now

spot_img

Bangun Museum Batutulis, Pemkot Siapkan Pembebasan Lahan

Bogor | Jurnal Inspirasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor berencana membangun museum cagar budaya Batutulis, Kecamatan Bogor Selatan, lantaran sudah masuk ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Atep Budiman mengatakan, pihaknya saat ini masih fokus untuk membebaskan lahan warga seluas 470 meter persegi, yang akan diappraisalkan saat APBD Perubahan 2021.

“Pembebasan dilakukan agar jadi satu hamparan dengan aset pemkot yang luasnya mencapai 2.000 meterpersegi. Kajian detailnya masih dalam pengkajian konsultan,” ucap Atep kepada wartawan, Kamis (12/8).

Ia menegaskan, pembangunan museum dilakukan demi mendukung revitalisasi kawasan dalam konteks pelestarian budaya sekaligus menciptakan destinasi wisata budaya.

Menurut dia, konsultan saat ini masih melakukan kajian terhadap rencana tersebut. “Untuk anggaran pembangunan baru diajukan angka indikasi saja, sebab disana pasaran lahannya Rp10 sampai Rp15 juta permeter,” katanya.

Atep mengatakan, untuk pembangunan sendiri pihaknya masih menunggu Detail Engineering Design (DED). “Kalau dibuat museum modern pasti sampai puluhan miliar. Tapi ada nggak duitnya. Kami akan membuat sederhana dengan nuansa heritage sambil menampilkan atraksi seni, konten cagar budaya sekitar dan kerajinan tangan,” katanya.

Atep menyatakan bahwa untuk penataan kawasan Batutulis pihaknya telah mengajukan anggaran ke Provinsi Jawa Barat sebesar Rp5,3 miliar untuk 2022 mendatang.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri (ASB) mengatakan bahwa pihaknya mendukung upaya Disparbud dalam menggairahkan sektor pariwisata, khususnya di bidang budaya. Namun, sambung dia, terlebih dahulu harus dilakukan kajian matang, agar pembangunannya tidak sia-sia.

“Konsepnya harus jelas, dan menarik. Kemudian, mesti ada program khusus yang dapat menarik wisatawan luar kota datang kesana,” ucapnya.

Namun yang terpenting, sambung dia, pembangunan tersebut harus dapat bermanfaat terhadap warga sekitar, khususnya di sektor ekonomi kerakyatan.

** Fredy Kristianto

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles