Home News 28 ODGJ di RS Marzuki Mahdi Terpapar Covid

28 ODGJ di RS Marzuki Mahdi Terpapar Covid

Bogor | Jurnal Inspirasi

Sebanyak 28 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang tengah dirawat di RS Marzuki Mahdi, Jalan Semeru, Kelurahan Menten, Kecamatan Bogor Barat, terpapar Covid-19.

Direktur Utama Rumah Sakit Marzuki Mahdi (RSMM) Dr Fidiansyah mengatakan bahwa pihaknya butuh pendekatan tersendiri.

“Penularan itu ada interaksi terjadi karena kerumunan kemudian pengabaian protokol serta tadi vaksinasi,” kata Fidiansyah kepada wartawan, Minggu (27/6).

Atas dasar itu, sambung dia, vaksinasi menjadi langkah utama untuk menekan angka covid untuk ODJG. Vaksin sendiri sudah digaungkan dengan sasaran orang dengan gangguan jiwa termasuk disabilitas sehingga dia menjadi prioritas.

“Alhamdulillah kita sudah berproses setiap hari melakukan pemantauan
hanya tadi ada keterbatasan yang harus kami lakukan karena harus ada persetujuan dari keluarga dibanding orang dengan kesehatan yang umum dia tidak perlu persetujuan lagi,” ucapnya.

Namun, kata Fidi, ODGJ harus mendapatkan persetujuan warga sebagai perwakilan kalau memahami nanti dampak efek samping melapor kemana oleh karena itu ada formkonsen yang harus kami minta kekeluargaan.

“Kalau dari sisi perawatan yang 28 itu, mereka rawat inap namun nanti konsep peratawan gangguan jiwa denggn umum sama saja hanya mungkin karena ada kombinasi sehingga tidak semua rumah sakit siap,” tukasnya.

“* Fredy Kristianto

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Exit mobile version