30.9 C
Bogor
Saturday, October 19, 2024

Buy now

spot_img

Jelang Lebaran, Pemdes Babakansadeng Laksanakan PKT

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Pemerintah Desa Babakansadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor melaksanakan  pemberdayaan masyarakat  melalui program Padat Karya Tunai (PKT).

Program Padat karya tunai melibatkan belasan pekerja dari warga Desa Babakansadeng.

Kepala Desa Babakansadeng Wawan Bj, menjelaskan pengalokasian anggaran program PKT menggunakan Dana Desa (DD) tahun anggaran 2021.

“Jelang lebaran, sengaja kegiatan PKT dilaksanakan hal ini untuk meningkatkan perekonomian  masyarakat,” kata Wawan Bj kepada Jurnal Bogor, Senin (13/5).

Program PKT digagas Pemerintah Desa Babakansadeng,  tujuannya  agar pembangunan fisik dari dana desa juga dapat menyentuh atau mempekerjakan langsung masyarakat di desa.

“Dengan mengeruk drainase sepanjang ratusan meter di Kampung Kalong Jayamarni yang terbagi di wilayah 4 RW,” jelas Kades.

Ditengah pandemi ini, ujar Wawan Bj tentu masyarakat yang mengangur diajak untuk bekerja.

“Mengenai besaran upah yang diterima para pekerja, itu sudah diatur dalam nilai Harian Orang Kerja atau HOK yang disepakati,” paparnya.

Selain program PKT, sambung Sekretaris Desa Babakansadeng Ipah Latipah, anggaran dana desa juga digunakan untuk penyaluran BLT dan penanganan Covid- 19. “Sebanyak 270 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) telah menerima bantuan BLT – DD,” ucap Ipah.

Ia menyebutkan, jumlah KPM di wilayahnya tidak mengalami penyusutan. Hasil verifikasi data hanya saja penggantian  nama KPM saja.

” Ada saja warga yang belum ter-cover bantuan pemerintah sehingga data KPM di Babakansadeng kuotanya tidak berubah,” pungkasny.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles