29.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Puluhan Hektar Sawah di Desa Tugu Jaya Tidak Lagi Kesulitan Air

Cigombong | Jurnal Inspirasi

Puluhan hektar sawah di Desa Tugu Jaya, Kecamatan Cigombong, Kabupaten Bogor, dipastikan tidak akan lagi kesulitan mendapatkan pasokan air. Sebab, saluran irigasi yang selama ini menjadi sarana para petani mendapatkan air untuk mengaliri area sawah, sedang tahap pembangunan.

Melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (Kemen PUPR) dibawah Ditjen Sumber Daya Air, keluhan masyarakat terutama para petani di Kampung Sindangsari, Desa Tugu Jaya terjawab sudah saat mendapatkan bantuan sebesar Rp.195 juta dari Program Percepatan Peningkatan Tataguna Air Irigasi (P3 – TGAI).

Bendahara P3A Cai Bina Jaya Mandiri Desa Tugu Jaya, Ridwan mengaku bersyukur akhirnya saluran irigasi yang kondisinya sudah rusak ini, mendapatkan bantuan perbaikan atau pembangunan kembali.

“Dulu pernah dapat bantuan pembangunan irigasi ini. Karena sudah lama, kondisi saluran irigasi rusak lagi,” ungkapnya kepada wartawan.

Menurutnya, pada pembangunan jaringan irigasi kali ini, pihak pelaksana yang merupakan warga serta para petani, sempat membetulkan batu pondasi bangunan lama yang berserakan di tengah saluran air.

Akan tetapi, lanjut Ridwan, perbaikan pondasi bangunan lama itu, tidak mengurangi spek atau RAB proyek P3-TGAI. “Didalam RAB kan hanya 390 meter, sekarang ditambah menjadi 410 meter dengan pasangan batu dari pondasi yang lama,” jelasnya.

Ia mengungkapkan, untuk P3A Cai Bina Jaya Mandiri sendiri terbilang masih baru. Karena sebelumnya anggota P3A Cai Bina Jaya Mandiri itu, berstatus masih kelompok tani.

“Lantaran salah satu syarat untuk menerima anggaran itu harus P3A, maka dibentuklah kelompok tersebut, dengan anggota masih kelompok tani yang lama,” papar Ridwan.

Jajang, petani di Kampung Sindangsari mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan perbaikan saluran irigasi yang diketahui nya untuk mengaliri sekitar 10 Hektar area sawah di Desa Tugu Jaya.

“Bukan hanya saya saja yang bersyukur, tapi Para petani lain di wilayah ini merasa terbantu juga. Mudah-mudahan kami dan petani di sini tidak lagi kesulitan mendapatkan pasokan air, sehingga hasil panen pun tambah banyak,” tukasnya

** Deni/Dede Suhendar

Related Articles

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles