26.9 C
Bogor
Saturday, October 19, 2024

Buy now

spot_img

Asep Wahyu: Dasar DOB Ada Pertimbangan, Bukan Ngotot-ngototan

Cibungbulang | Jurnal Inspirasi

Isu pemekaran daerah di Kabupaten Bogor belakang ini santer diperbincangkan, seperti pemekaran Bogor Timur, dalam wawancara dengan awak media, Bupati Bogor sudah merelakan ketika Kabupaten Bogor bagian timur itu melepas diri jadi kabupaten tersendiri. Lantas bagaimana dengan Bogor Barat yang sudah sejak lama digadang-gadang akan lebih awal menjadi Daerah Otonomi Baru (DOB).

Hal itu pun mendapatkan respon dari Ketua Fraksi Partai Demokrat Provinsi Jawa Barat, Asep Wahyuwijaya. Menurutnya, soal membagi Kabupaten Bogor menjadi 2 atau bahkan 3 wilayah, DOB itu memang harus menjadi keniscayaan, bukan soal ngotot-ngototan.

Asep menjelaskan bahwa segala sesuatunya  harus ada dasar dan pertimbangannya. Hitung dengan jeli dan cermat berapa syarat luasannya dan berapa pula syarat jumlah warga yang akan dilepas menjadi DOB.

“Jangan ngotot karena ini akan menjadi prinsip dan syarat normatif, lalu bagaimana juga potensi ke depannya, semua ini kan harus dipertimbangkan semua pihak dengan matang. Bukan asal ngotot-ngototan kan?,” tanya Asep.

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jabar ini juga mengatakan, Kabupaten Bogor itu memang luas wilayahnya, terlalu banyak juga penduduknya jika dianggap sebagai sebuahkKabupaten, sementara disisi lain tidak proporsional dengan kondisi keuangannya.

“Karenanya, salah satu argumen untuk pelepasan itu kan agar pusat memberi perhatian langsung kepada DOB itu baik dari sisi anggarannya maupun dari sisi pembinaannya juga,” kata Asep.

Lebih lanjut Asep membandingkan DOB Bogor Timur yang seolah-olah menjadi perhatian khusus untuk lebih awal, kata dia, Bobar lantas tersisihkan.

“Saya sejak awal ingin Kabupaten Bogor bukan cuma Bobar saja yang mekar, karena memang Kabupaten Bogor itu terlalu berat beban kewilayahan dan penduduknya jika hanya diurus di Cibinong. Sehingga, menurut hemat saya, Bogor Timur dan bahkan Bogor Selatan pun punya potensi untuk menjadi DOB dan mandiri. Kenapa tidak? Tidak ada sama sekali diniatkan untuk saling menyisihkan,” pungkasnya.

** Cepi Kurniawan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles