26.9 C
Bogor
Saturday, October 19, 2024

Buy now

spot_img

Ludes Terbakar, Satu Rumah di Pasirwangun Dibangun Swadaya

Leuwisadeng l Jurnal Inspirasi

Rumah warga di Pasirwangun, Desa Wangunjaya, Kecamatan Leuwisadeng bakal  diperbaiki dan dibangun secara swadaya masyarakat usai dilahap si jago merah, Sabtu (10/4).

Menurut Kepala Desa Wangunjaya, Hanapi, rumah Dedi (28) hangus terbakar akibat lupa mematikan kayu bakar dari tungku api rumahnya. Namun pascakebakaran, dia langsung menginstruksikan para pengurus RT dan RW untuk gotong royong membantu warganya yang tengah mengalami musibah itu.

“Jadi ada warga yang punya pasir, besi beton, kayu saling bantu perbaiki rumah warga secara swadaya,” ungkapnya di lokasi kejadian.

Hanapi mengaku, rumah warganya itu memang masuk dalam kategori tidak layak huni di mana sebagian materialnya terbuat dari kayu dan bambu yang sudah rapuh.

Sementara dirinya tidak bisa menganggarkan pembangunan rumah itu menggunakan dana pemerintah lantaran dirinya baru menjabat sebagai kepala desa. Kendati demikian, dirinya akan menginventarisir rumah warganya yang masuk dalam kategori Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) untuk program bantuan di tahun mendatang.

“Alhamdulillahnya tidak ada korban jiwa, sementara kita gunakan semangat swadaya masyarakat untuk bantu bangun rumah warga ini,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Kasie Trantib Kecamatan Leuwisadeng, Cecep Tarmiji telah melaporkan kejadian tersebut ke tingkat Kabupaten Bogor. Dirinya pun menginstruksikan kepala desa setempat untuk mengajukan bantuan apa saja yang dibutuhkan untuk perbaikan rumah tersebut.

“Laporkan ke BPBD, untuk sementara perbaikan secara swadaya, ketika ada yang kurang bisa diajukan,” tukasnya.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles