Siswa SDN Karyasari 01 Diperkenalkan Alpukat Miki

0

Leuwiliang | Jurnal Bogor

Untuk menumbuhkan kecintaan terhadap alam dan lingkungan, siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri (SDN) Karyasari 01 Desa Karyasari, Kecamatan Leuwiliang, Kabupaten Bogor di luar jam belajar bercocok tanam biji Alpukat.

Wali Kelas VI Ayan Suryana menyatakan bahwa perlunya mengenalkan mereka tentang tumbuh-tumbuhan yang menyehatkan, siswa juga diajarkan menanam dan merawat tumbuhan tersebut salah satunya alpukat, dengan begitu nanti hasilnya siswa-siswi bisa merasakan.

“Siswa-siswi sedang diajarkan praktik tematik yang bertemakan Bersahabat dengan Alam. Tema tersebut bertujuan menumbuhkan kecintaan terhadap alam di lingkungan sekitar,” ungkapnya, kemarin.

Menariknya lagi, domisili sekolah berada di Kampung Tamansari, Desa Karyasari yang kini menjadi salah satu wilayah yang membudidayakan bibit alpukat Miki.

“Saya berharap kedepannya siswa-siswi SDN Karyasari 01 ini bisa jadi generasi penerus di bidang pertanian sehingga bisa mengatasi ketahanan pangan,” ujarnya.

Sementara itu, Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Leuwiliang Supendi mengapresiasi langkah pihak sekolah di jalur pendidikan yang dekat dengan alam dan masyarakat.

Dengan begitu siswa-siswi ini bisa menjadi media sosialisasi kepada orang tua mereka, terutama untuk masyarakat diluar lingkungan sekolahnya. 

“Kegiatan ini menjadi pemahaman baru bahwasanya lingkungan sekolah bukan hanya warung sekolah tapi juga kebun sekolah yang bisa diaplikasikan dengan wawasan,” paparnya.

Menurut dia, tidak hanya sayur mayur tapi juga penanaman alpukat Miki yang saat ini sedang digalakan di Karyasari.

“Semoga ini bisa jadi contoh sekolah-sekolah lain khususnya di wilayah Kecamatan Leuwiliang,” pungkasnya. 

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here