Petani di Kalongliud Senang Dibangun Irigasi

0
Asoni

Nanggung l Jurnal Bogor

Program irigasi pertanian membantu para petani di Desa Kalongliud, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor.

Salah satu lokasi  pembangunan irigasi tersier yang berlokasi di Kampung Liud- Pasirmanggu RT 01 RW 02 Desa Kalongliud beberapa hari terakhir sudah  rampung pengerjaan.

Ketua Perkumpulan Petani Pengguna Air (P3A) Cibongas, Asoni menerangkan, bantuan pembangunan irigasi dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS-SCC) guna mengairi  blok persawahan Pasir Manggu seluas 10 hektare serta terdapat lahan palawija 3 hektare.

Mengingat masyarakat desa sangat membutuhkan irigasi itu dibangun, maka saluran irigasi menjadi salah satu kunci keberhasilan suksesnya swasembada pangan, khususnya di wilayah Desa Kalongliud dan sekitarnya.

“Apabila pesawahan  terhambat aliran airnya tentu akan menghambat produktivitas hasil panennya,” kata Asoni kepada Jurnal Bogor, Rabu (18/5).

Kendati demikian, kata Asoni, keterlibatan semua pihak dalam mendukung proses percepatan swasembada pangan sangat diharapkan warga petani.

Dalam pengembangan budidaya disektor pertanian  tidak akan berkembang ketika saluran air yang dihasilkan tidak berjalan maksimal.

Dengan begitu, sistem bangunan irigasi menjadi faktor penting dalam menjaga produktivitas sektor ketahanan pangan.

Pembangunan irigasi di Desa Kalongliud  untuk mengairi  pesawaan disambut gembira warga petani.

Seperti dikatakan Malik yang merupakan penerima manfaat pembangunan irigasi tersier. Menurutnya, bahwa saluran irigasi dari bendungan ini dapat dimanfaatkan untuk mengairi areal pesawahan dan lahan palawija.

dengan adanya bantuan bangunan irigasi yang berasal  dari Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWS-CC) maka kebutuhan air untuk pengairan sawah petani tentu saja akan terbantu,” tukasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here