31.6 C
Bogor
Wednesday, April 24, 2024

Buy now

spot_img

Kemendes PDTT RI Adakan Pelatihan Pengelolaan Bumdes

Cigombong | Jurnal Bogor
Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Replubik Indonesia (Kemendes PDTT RI) melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Bumdes angakatan III tahun 2022 yang diikuti oleh 30 pengelola Bumdes, tiga Kecamatan tersebut yaitu, Cigombong, Cijeruk dan Caringin di ruang aula Kantor Kecamatan Cijeruk.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Camat Cigombong RE.Irwan Somantri, dan kepala Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat desa(BBPPMd) jakarta, Lalu Syamsul Hakim. Pelatihan selama 6 hari dari mulai Rabu hingga Selasa pekan depan (18 hingga 23 Mei 2022).

Syamsul Hakim, Kepala BBPPMd PPDTT Jakarta menjelaskan, pelatihan pengelolaan Bumdes bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pengelolaan Bumdes, maka peserta yang mengikuti pelatihan adalah merupakan manager dan juga bendahara Bumdes,dengan materi pelatihan bagai mana cara pengelolaannya dengan baik.

“Pada hari ini, kita adakan pelatihan Bumdes bagi manager dan juga bendahara Bumdes, pelatihan berupa materi bagaimana cara penguatan regulasi, pendiriannya dan mengelola Bumdes dengan baik,juga regestrasi unit usaha yang berbadan hukum. Jika bumdes sudah berbadan hukum tentunya kedepan bisa bekerja sama dengan pihak ketiga. Selain itupun bisa memberikan materi pembukuan yang baik dan benar, paparnya.

Pelatihan dilaksanakan selama 6 Hari, dimulai pada hari Rabu kemarin dan berakhir pada Selasa pekan depan, pelatihan selama enam hari sehingga seluruh peserta dapat mengelola Bumdes dengan baik, dan dapat merangkul pihak ketiga. Hasil pelatihan dapat menyampaikan atau memberikan ilmu pengelolaan Bumdes kepada pengelola lainnya.

“Bagi mereka telah mengikuti pelatihan tentunya dapat menyampaikan ke Bumdes lain, jadi tidak perlu lagi adanya studi banding ke luar daerah, karena semua itu akan mengeluarkan biaya yang cukup tinggi. Makanya dipelatihan ini akan kita angkat juga Sumber Daya Manusianya dan sumber alamya yang ada disekitar kita, dengan harapan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar,” jelasnya.

Camat Cigombong R.E Irwan Somantri berharap, dengan adanya pelatihan pengelolaan Bumdes, semua peserta mendapatkan ilmu dan pengalaman bermanfaat sebagai modal mereka mengelola Bumdes, sehingga kedepannya Bumdes dapat lebih maju dan lebih baik.

“itukan perusahaan badan usaha milik Desa, jadi managerial dan tata kelola harus  baik, jika manajerial kuat tentunya dapat memajukan Bumdes yang ada di Desa, dan pengalaman iniakan menambah pengetahuan mereka dalam mengelola Bumdes untuk kesejahteraan dan kemajuan Desa,” pukasnya.

** Deni Pratama 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles