Hari Hipertensi, UPT Puskesmas Leuwisadeng Beri Layanan Gratis

0

Leuwisadeng l Jurnal Bogor

Peringati Hari Hipertensi Sedunia 2022 atau dikenal sebagai World Hypertension Day yang dihelat jatuh pada 17 Mei, UPT Puskesmas Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor menggelar pelayanan kesehatan secara gratis.

Salah satu petugas kesehatan UPT Puskesmas Kecamatan Leuwisadeng Bidan Puspa Kencana mengatakan, kegitan tersebut bertujuan guna menyadarkan masyarakat bahwa  pentingnya mengenali gejala, faktor risiko dan cara pencegahan seperti tekanan darah tinggi.

Momentum  program bulan gerakan deteksi dini Penyakit Tidak Menular (PTM) dengan memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi masyarakat yang digelar di Aula Kecamatan Leuwisadeng.

Pemeriksaan kesehatan secara gratis bagi warga Kecamatan Leuwisadeng tersebut dalam rangka memperingati Hari Hipertensi Sedunia.

“Dengan sasaran ada 200 orang dibawah UPT Kesehatan Leuwisadeng diantaranya warga Desa Kalong 1, Kalong 2 dan Sibanteng,” ungkap Bidan Puspa Kencana kepada wartawan disela kegiatannya.

Bidan Puspa Kencana mengatakan, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan meliputi,  pengecekan tinggi badan, tensi darah maupun pengecekan gula darah dengan melibatkan beberapa tenaga kesehatan dan 7 dokter Puskesmas UPT Leuwisadeng.

“Kalo hipertensi dampaknya kami melihat tekanan darah nya bermasalah atau tidak, banyak atau tidak, atau gula darahnya yang tinggi. Serta, disini juga ada bu dokter nanti kami konsul dan kami akan melakukan secara rutin per satu minggu jadi tidak momentum tertentu saja, nanti kami akan berikan penyuluhan apa sih pola makanya yang diubah untuk masyarakat agar lebih sehat,” katanya.

Ditempat yang sama, Sekretaris Kecamatan Leuwisadeng Hendarsyah mengatakan, bahwa program uji kesehatan dari UPT Kesehatan Leuwisadeng tentu sangat berguna bagi masyarakat.

“Apalagi ini berkelanjutan dijalankan sehingga kesehatan warga bisa terjaga, ini sangat berguna bagi masyarakat, ini gratis dan kita jadi tau jangan ada asumsi di masyarakat itu takut kalau diperiksa nanti kita ketahuan dalam tubuh kita,” ungkapnya.

Hendarsyah mengatakan, kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis tersebut sudah disosialisasikan sebelumnya kepada masyarakat, baik melalui pihak Pemerintahan Desa maupun melalui media sosial.

“Kedepan, kami akan mengadakan penyuluhan kegiatan ini di setiap desa se-Kecamatan Leuwisadeng,” ucapnya.

Salahsatu warga Desa Sadengkolot, Cecep Masyudi (40) mengungkapkan,  digelarnya pelayanan pemeriksaan kesehatan secara geratis tentu kegiatan tersebut sangat bermanfaat bagi masyarakat.

“Pelayanan kesehatan, apalagi inikan gratis, itu yang kami tunggu. Tadi saat periksa darah normal dan tensi pun semua normal, dan saya juga harus lebih waspada dalam menjaga kesehatan,” tukasnya.

** Arip Ekon

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here