UPT Pengelolaan Sampah Wilayah 2 Jonggol Lakukan Opsih

0

Jonggol | Jurnal Bogor 

UPT Pengelolaan Sampah 2 Jonggol melakukan operasi bersih – bersih (opsih) di jalan area Kampung Bengkok RT 01 dan 02 RW 10 Desa Jonggol. Kegiatan ini sebagai upaya pencegahan dan sosialiasi kepada masyarakat  usai perayaan Idul Fitri 1443 H supaya tidak membuang sampah sembarangan.

Operasi penanganan sampah dilakukan  menerjunkan 15 petugas pesapon  di sepanjang ruas jalan tersebut. Setiap  bertugas mengawasi warga yang membuang sampah sembarangan.

Kasubag TU UPT PS wilayah 2 Jonggol Eming Sutisna  mengatakan, operasi penanganan sampah sudah  berulang kali  dilaksanakam sebagian besar warga yang melanggar bukan berasal dari Desa Jonggol.

“Dalam operasi penanganan sampah ini terjaring puluhan orang , sebagian besar orang yang ingin melintas pergi ke pasar,” papar Eming Sutisna, akhir pekan kemarin.

Warga yang terjaring operasi, lanjut Eming  hanya didata dan diberi peringatan untuk tidak mengulangi perbuatan serupa. “Upaya ini juga sebagai sosialisasi kepada masyarakat. Jika ternyata membandel, maka kami akan tegakan perda,” tegasnya.

Menurutnya, masih saja ada warga yang membuang sampah di pinggir jalan. Padahal setiap pagi mobil truk sampah melintas di ruas jalan tersebut. “Buang sampahnya nanti kalau mobil datang. Jangan buang di pinggir jalan, jadi terlihat kumuh,” pintanya.

Selain operasi penanganan sampah, kata dia,  pihaknya juga sudah memasang baliho peringatan tidak boleh membuang sampah sembarangan di sejumlah tempat. Upaya ini untuk mengubah sikap warga yang masih membuang sampah sembarangan.

“Ada baliho kami buat dan terpasang di sejumlah titik. Tujuannya agar memberikan kesadaran masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, semoga tulisan – tulisan peringatan itu bisa menyadarkan kebiasaan buruk mereka,” pungkasnya.

** Nay / Ramses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here