Pemcam Cigudeg Lakukan Pendampingan, Labil Dapat Penanganan Medis

0

Cigudeg | Jurnal Bogor

Pemerintah Kecamatan Cigudeg menyatakan sudah melakukan pendampingan terhadap bocah berusia 1 tahun 8 bulan, Labib Al Mumin yang menderita hidrosefalus. Pihak kecamatan mengaku berupaya agar warga kampung Ciasahan, Desa Sukamaju, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor mendapat penanganan medis.

“Sudah kita tangani oleh dokter, TKSK maupun IPSM sampai ke RS Cipto Jakarta,” ujar Kasi Pendidikan dan Kesehatan Kecamatan Cigudeg Kabupaten Bogor Titin Sumarni, Kamis (12/5).

Ia menyebut, saat itu yang diberikan posisi untuk mendampingi bocah tersebut adalah Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) oleh Camat Cigudeg.

Hingga kedua kalinya menyambangi ke rumah Labil agar dioperasi. “Pas saya terjun ke rumahnya saat itu dapat perintah dari Pak Camat langsung, akan tetapi mereka sudah tidak ada di rumah,” ujarnya.

Ia berharap, kedepan masyarakat harus berani untuk melaporkan agar pihaknya langsung turun ke lapangan. “Kita kalau ada laporan tidak diam. Kita biasanya begitu ada laporan langsung turun untuk memberikan pelayanan yang terbaik untuk warga masyarakat Cigudeg baik pendidikan maupun kesehatan,” kata dia.

Di hari yang sama bantuan pun sudah mulai berdatangan ke Labib Al Mumin. Bantuan itu datang dari Unit Pelayanan Teknis UPT Sentra Galih Pakuan yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial RI.

Mulai dari susu, kemudian perlengkapan bayi, dan bantuan uang untuk membantu Labil yang kini harus terus dilakukan pendampingan pengobatan.

Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Sentra Galih Pakuan Siti Sari Rumyanti mengetahui kondisi Labil dari beberapa berita sehingga pihaknya memberikan  bantuan itu suatu bentuk sumbangsih kepedulian pihaknya.

“Jadi kami ditugaskan untuk datang ke rumah Labil untuk membantu apa yang bisa kami bantu. Yang jelas perintah langsung Ibu Menteri  karena kondisi Labil sakit hidrosefalus,” ungkapnya.

Setelah melakukan assesmen kata dia, langkah selanjutnya pihaknya akan mengawal hingga kondisi labil membaik.

“Meski informasi dari kelurga sudah dioperasi posisinya saat ini sedang berobat jalan pascaoperasi. Jadi intinya Kemensos melalui sentra Galih Pakuan akan membantu semampu kami supaya Labil bisa baik lagi begitupun dengan keluarganya,” paparnya.

Sementara itu, orang tua dari Labib, Maman Firmansyah berterimakasih atas bantuan yang diberikan .Bahkan, dia pun tidak kuasa menahan tangis.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here