Kota Bogor Masih Terapkan PTM 50 Persen

0

JURNAL INSPIRASI – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di Kota Bogor pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) masih dilaksanakan dengan kapasitas 50 persen. Padahal, Kota Bogor sudah memenuhi syarat menyelenggarakan PTM 100 persen sesuai SK Empat Menteri.

Kepada wartawan, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor, Hanafi mengatakan bahwa PTM tetap dilaksanakan 50 persen bukan karena maraknya hepatitis akut, melainkan memang sudah direncanakan sebelumnya.

“Bukan karena adanya hepatitis. Kita bisa PTM 100 persen karena pencapaian vaksin di tenaga pendidikan sudah diatas 80 persen, tapi kami di Kota Bogor tetap melaksanakan PTM 50 persen. Bila nantinya melihat kondisi Covid-19 landai akan kita lakukan 100 persen,” ujar Hanafi, Kamis, (12/5).

Kata dia, walaupun PTM 50 persen, keberadaan kantin sekolah tetap diperbolehkan untuk buka. Tetapi, harus menggunakan protokol kesehatan (prokes) ketat.
diperbolehkan.

Sedangkan, sambungnya, untuk pelaksanaan PTM secara 100 persen, rencananya akan digelar pada tahun ajaran baru di bulan Juli mendatang. 

Terkait dengan antisipasi hepatitis akut yang menyerang anak, Hanafi mengaku, pihaknya secara fungsional terus berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Bogor, dan membuat surat edaran terkait penyakit tersebut agar sekolah dan orangtuan dapat menjaga kesehatan anak-anak.

“Sifatnya menghimbau kepada orang tua siswa. Menganjurkan kepada orang tua untuk menjaga kesehatan dan sebagainya. Kita belum mengambil kebijakan-kebijakan lain soal penyebaran penyakit itu,” ungkap dia.** Fredy Kristianto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here