28.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Edukasi Warga Belajar, PKBM Karya Mekar Gelar Sanlat Ramadhan

Bogor | Jurnal Bogor

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Karya Mekar Kelurahan Cibadak, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Ramadhan ini menggelar kegiatan Sanlat Ramdhan.

“Untuk warga belajar kita gelar bukber dan tausiyah dan para gurunya tadarusan,” ujar Kepala PKBM Karya Mekar, Nasim Suheri, Minggu (24/4/2022).

Kegiatan ini penting bagi warga belajar agar selain mendapat pelajaran umum juga mendapat materi agama. Dari 300 warga belajar PKBM Karya Mekar memang tidak hadir semua.

“Masih ada yang bekerja dan lain sebagainya, ya Sanlat Ramadhan diikuti puluhan dan kegiatan dibuat fleksibel saja,” jelas Nasim.

Kegiatan ini diakui Nasim jadi ajang silaturahmi antar warga belajar sehingga bisa saling mengenal satu sama lainnya.

Sementara materi tausiyah yang disampaikan Rokib, kali ini menjelaskan anjuran 10 hari terakhir Ramadhan. Warga belajar diharapkan mengisi aktivitas dengan amalan sesuai anjuran Rasulullah SAW.

“Itikaf di masjid misalnya atau tadarus Al Quran dan aktivitas lainnya yang mengarah amal kebaikan,” jelasnya.

Bahkan pada 10 hari terakhir Ramadhan juga ada malam Lailatul Qadar sehingga warga belajar dapat memahami bahwa kita mesti bersungguh-sungguh karena belum tentu dapat bertemu dengan Ramadhan berikutnya.

“Umur tidak ada yang tahu, makanya penekanannya ada tiga tingkatan orang yang berpuasa. Yaitu puasa umum yaitu puasanya orang awam, puasa khusus dan puasa khususil khusus. Nah, warga belajar perlu mengetahui ini agar puasa Ramadhan tidak hanya menahan lapar dan haus saja,” jelasnya.

Selain Sanlat Ramadhan, PKBM Karya Mekar juga memberikan pembelajaran zakat agar zakat yang terhimpun juga bisa dimanfaatkan kaum dhuafa di sekitar lingkungan.

** Asep Saepudin Sayyev

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles