Harga Daging Dikeluhkan Warga, Ini Tips Memilih Daging Berkualitas

0

Jonggol | Jurnal Bogor

Harga jual daging sapi di sejumlah pasar yang ada di wilayah UPT Peternakan Jonggol masih terpantau tinggi.  Pedagang daging Asep mengatakan bahwa harga daging di lapaknya masih berada di kisaran Rp 140.000 hingga Rp 150.000 per kilogram.

“Harga daging kisaran Rp 140.000 sampai Rp 150.000, kalau yang lebih mahal itu dagingnya lebih empuk. Kalau yang daging umumnya harga Rp 140.000,” jelas Asep kepada Jurnal Bogor.

Ia pun menduga harga tersebut akan terus melambung saat menjelang Hari Raya Idul Fitri. “Perkiraan bakal naik mungkin di angka Rp 150.000 sampai Rp 160.000. Karena pas puasa dari pihak operasional biasanya minta lebih untuk biaya potong dan kendaraan,” ujar Asep.

Terpisah Kepala UPT Peternakan Wilayah 10 Jonggol disampaikan Nanang Suryana, cara memilih daging segar yang berkualitas. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan  saat memilih daging. Pertama, perhatikan warna daging, warna merah ceri menandakan kalau daging sapi masih segar dan baru dipotong. Ketika daging sapi sudah terpapar oksigen, warnanya juga akan ikut berubah menjadi merah keunguan. Meski begitu, warna merah ceri dan merah keunguan masih tergolong baik.

“Kedua, warna daging yang perlu dihindari adalah kecoklatan, karena kemungkinan sudah tidak segar. Cek tekstur daging sapi. Daging sapi yang berkualitas baik memiliki tekstur kenyal namun padat. Cara ceknya mudah, cukup menekan dengan lembut permukaan daging. Kalau saat ditekan langsung cepat kembali ke tekstur awal, tandanya daging sapi tersebut kualitasnya bagus. Begitupun sebaliknya, kalau ditekan dan nggak kembali ke bentuk awal, artinya daging sapi tersebut memiliki tekstur lunak karena sudah lama berada di ruang terbuka, sehingga kualitasnya menurun,” jelasnya.

Kemudian, cium aroma daging sapi. Cara memilih daging sapi yang baik selanjutnya adalah mencium aromanya. Daging sapi yang masih segar akan mengeluarkan aroma khas, tapi  tidak  menyengat. Kalau daging mengeluarkan bau amis atau anyir yang sangat tajam, tandanya daging tersebut berkualitas rendah. Bau amis dan anyir pun akan sulit hilang meski menggunakan bumbu aromatik.

“Terakhir, perhatikan kebersihan tempat penjual tidak kalah penting, cara memilih daging sapi yang baik juga dilihat dari kebersihan tempat dan penjual dagingnya. Dan sebaiknya pilihlah daging yang berasal dari RPH,” pungkasnya mengakhiri.

** Nay / Ramses

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here