25.6 C
Bogor
Wednesday, April 17, 2024

Buy now

spot_img

Bupati Ajak Kadin Bersinergi Bangun Pemulihan Ekonomi

Babakan Madang | Jurnal Bogor
Bupati Bogor, Ade Yasin mengajak peran serta Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) untuk bersinergi dalam pemulihan ekonomi. Hal tersebut dikatakannya pada acara Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) II Kadin Jawa Barat dan Silaturahmi Ramadhan Kadin Kabupaten Bogor, di Bigland Sentul Hotel & Convention, Babakan Madang, Kamis (14/4).

Ade Yasin

Acara tersebut dihadiri juga anggota DPR-RI Elly Rachmat Yasin, Dandim 0621 Kabupaten Bogor, Letkol Kav. Gan Gan Rusgandara, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Cucu Sutara, Ketua Kadin Kabupaten Bogor, Shinta Dec Checawati, dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

Bupati Bogor, Ade Yasin menjelaskan, ini saatnya kita bersama-sama lakukan pemulihan ekonomi karena pandemi sudah mulai melandai, tinggal kita menunggu keputusan pemerintah pusat apakah pandemi ini menjadi endemi.

“Inilah saatnya, saya sudah berpesan kepada Kadin Kabupaten Bogor agar terus bersinergi dengan Pemkab Bogor dalam rangka pemulihan ekonomi,” ucap Ade Yasin.

Tentunya, lanjut Ketua DPW PPP Jabar itu, di dalam Kadin ada berbagai macam kalangan, mulai dari pengusaha, UMKM dan lain-lain. Maka dalam pemulihan ekonomi ini, semua stakeholder harus bergerak bersama.

“Sebetulnya kalau soal dampak pandemi di Kabupaten Bogor, dilihat dari PAD tidak terganggu artinya tidak ada penurunan pendapatan, kondisi APBD pun normal. Saya kira kini tinggal penyesuaian antara masa-masa keterbatasan akibat PPKM dengan pelonggaran yang terjadi saat ini,” ujar Ade Yasin.

Ade Yasin menyebutkan, dalam rangka pemulihan ekonomi ini banyak hal yang kita programkan, “saya juga instruksikan semua dinas agar memiliki semangat dalam pemulihan ekonomi, termasuk kita akan terus menjalankan program Samisade untuk pemulihan ekonomi”.

Sementara itu, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Barat Cucu Sutara mengungkapkan, tanpa ada kolaborasi,  tanpa ada sinergi  yang inklusif, niscaya kita tidak akan bisa maju.

“Saya salut dan memberi apresiasi sekaligus bangga kepada Ibu Bupati Bogor yang sangat concern, sampai saat ini terus membimbing Kadin Kabupaten Bogor. Satu kata hari ini, kita harus bersinergi dan berkolaborasi secara inklusif. Saling  terbuka di antara semua pihak, baik itu pemerintahan maupun dunia usaha,” ungkap Cucu.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Kadin Kabupaten Bogor, Shinta Dec Checawati mengatakan, momen Rakorwil II Kadin Jawa Barat ini sejogyanya diisi dengan evaluasi kegiatan dan action plan Kadin dalam melaksanakan kegiatannya serta program-programnya kedepan.

“Pada momentum ini juga kami ingin berbagi kebahagiaan dalam bentuk pemberian santunan bagi anak yatim sebanyak 200 orang. Santunan yang kami berikan berasal dari pengurus Kadin Kabupaten Bogor,” kata Shinta.

Shinta memaparkan, pada bulan Juni sampai Agustus 2022 Insyaallah Kadin Kabupaten Bogor akan melaksanakan rangkaian kegiatan dalam menyambut Hari Jadi Bogor ke-540 dan Hari Ulang Tahun RI ke-77. Kegiatan yang diberi tagline “Bakti Kadin di Bumi Tegar Beriman” ini tentunya dilaksanakan dengan bersinergi dan berkolaborasi dengan Pemkab Bogor.

“Insyaallah semuanya akan diisi dengan kegiatan pengembangan usaha, dan target kami adalah pada bulan agustus 2022 ada beberapa produk baru dari UMKM Kabupaten Bogor yang produknya bisa menembus pasar ekspor,”pungkasnya.

** AS Pangrango

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles