28.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Antisipasi Terjadinya Longsor, Pemdes Sadengkolot Bangun TPT

Leuwisadeng l Jurnal Bogor

Tembok penahan tanah (TPT) di Kampung Pagelaran RT 04 RW 06 Desa Sadengkolot, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor dibangun permanen.

Sekretaris Desa Sadengkolot Sudiman menjelaskan TPT itu dinilai perlu dibangun untuk antisipasi terjadinya  bahaya longsor.

“Mengingat keberadaan TPT tidak jauh dengan rumah warga, maka pembangunan TPT salah satu penanganan untuk mencegah terjadinya longsor,” kata Sudiman, Rabu (13/4).

Sementara pembangunan TPT sepanjang 100 meter dan tinggi 2,5 meter kalau lama dibiarkan tidak menutup kemungkinan sewaktu waktu bisa membahayakan rumah warga yang berada di bawahnya.

TPT itu dibangun lantaran sempat terjadi ambrol akibat terkikis air saat diguyur hujan deras.

“Meminimalisir terjadinya longsor, karena  hanya skala kecil TPT itu sempat terjadi ambrol ,” tambah Suhartono Kasi Perencanaan Desa Sadengkolot.

Suhartono menerangkan pembangunan TPT  di Kampung Pagelaran dibiayai Anggaran APBN melalui pagu dana desa tahap satu tahun anggaran 2022.

Tak hanya itu, beberapa kegiatan pembangunan yang tersebar di setiap wilayah di Desa Sadengkolot diantaranya pengerjaan sarana pendidikan yakni gedung sekolah PAUD di RW 02 Kampung Sukamaju, Rehabilitasi Posyandu di Kampung Inpres.

Berikutnya kata Suhartono, bangunan Posyandu di RW 03 Kampung Ciranji, serta TPT RW 09 tepatnya di Kampung Pabuaran.

“Berikut program stunting pada kegiatan Posyandu yang melibatkan petugas kesehatan dari Puskesmas setempat,” paparnya.

Sementara guna pemerataan pembangunan di bidang  infrastruktur, juga dilakukan peningkatan jalan lingkungan (jaling) di setiap wilayah RW 06,  07 dan RW  08 dengan pengerjaan hotmix.

** Arip Ekon

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles