29.5 C
Bogor
Tuesday, April 23, 2024

Buy now

spot_img

Bupati Minta Kadis DLH yang Baru Tindaklanjuti Pencemaran Setu Citongtut

JURNAL INSPIRASI – Bupati Bogor langsung menugaskan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bogor baru dilantik mengatasi pencemaran Setu Citongtut yang berada di Desa Cicadas, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor. Kadis DLH Ade Yana Mulyana pun menyatakan siap menindaklanjuti perintah tersebut, Kamis (27/01/2022).

Usai rombak tujuh pejabat eselon II, dikutip dari instagram resmi milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor, Bupati Bogor, Ade Yasin tugaskan Ade Yana Mulyana selaku Kepala DLH Kabupaten Bogor yang baru untuk atasi pencemaran di Setu Citongtut yang menyebabkan ribuan ikan mati.

“Turun ke lapangan, harus dicari penyebabnya, apa berasal dari limbah industri? Siapa yang buang limbah ke situ?,” perintahnya kepada Ade Yana Mulyana.

Terpisah, Kepala DLH Kabupaten Bogor, Ade Yana Mulyana mengatakan, selaku Kepala DLH yang baru dirinya sedang melakukan pengecekan duduk permasalahan yang ada.

“Nanti kita bahas untuk langkah dan solusi sebagaimana kewenangan DLH Kabupaten Bogor untuk langkah penindakan di kawasan setu ini,” ucapnya.

Menurutnya, seharusnya permasalahan pencemaran setu ini mendapat perhatian khusus pula dari pejabat tingkat kecamatan dan kepala desa.

“Persoalan bukan hanya tugas DLH Kabupaten Bogor saja, tapi semua bertanggung jawab terutama di tingkat wilayah, camat dan kepala desa (kades) sebagai kepanjangan tangan Bupati,” paparnya.

Lanjutnya, setiap persoalan yang menyangkut perusakan lingkungan seharusnya bukan hanya DLH yang bertanggung jawab, Jika ada persoalan yang masih kecil seharusnya di tangani langsung jangan dibiarkan menjadi besar.

” Laporan bukan hanya laporan tapi harus ada langkah yang dilakukan juga seharusnya langkah pertama diambil dan dilakukan oleh tingkat wilayah (camat dan kades) semua tidak langsung koordinasi ke DLH,” lanjut mantan Kadis Perhubungan ini.

Bahkan, tak hanya DLH, camat dan kades, Ade menyebutkan semua stakeholder harus bertanggung jawab perihal pencemaran ini.

“Cuma sekarang ini saya sedang telusuri dulu untuk memastikan langkah yang diambil dan juga melihat hasil lab yang kemarin bagaimana, insya Allah dikerjain,” pungkasnya.

** Nay Nur’ain

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles