Malasari Simpan Ragam Adat dan Budaya

0
Anak sekolah dan mahasiswa UIKA Bogor berpose di halaman SDN Malasari 01. (Foto Aulia/Jurnal Bogor)

JURNAL INSPIRASI – Desa Malasari, Kecamatan Nanggung, Kabupaten Bogor ternyata masih banyak menyimpan sejarah, kesenian dan ragam adat budaya Sunda.

Letak geografis Desa Malasari yang diapit Gunung Halimun Salak ini butuh kurang lebih 2 jam dari Kota Bogor ke desa ini. Desa yang jauh dari hiruk pikuk keramaian ini ternyata memiliki kantor Bupati Bogor pertama.

Di desa ini masih sangat kental kesenian dan budayanya, tak heran desa ini selain sering dijadikan tempat penelitian para mahasiswa dan tempat ini juga banyak dikunjungi turis asing dari mancanegara.

Salah satu alat kesenian yang masih dibudayakan dan diturunkan kepada anak – anak dan remaja disana adalah alat musik gamelan.

Ada satu hal yang sampai saat ini masih jadi tradisi disana adalah pernikahan anak usia dini. Disana masih terbilang banyak terlebih anak – anak gadis yang lebih memilih membantu orangtua mereka ketimbang melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Namun kendati demikian bukan berarti perempuan disana lemah akan pendidikan. Banyak juga masyarakat disana yang melanjutkan pendidikannya ke luar Malasari.

 “Jangan heran masyarakat disini masih banyak anak perempuan yang sudah menikah dan memiliki anak di usia muda, karena lulus SMP bahkan belum lulus sudah dinikahkan,” ucap RT setempat, Lukman.

**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here