29.4 C
Bogor
Friday, March 29, 2024

Buy now

spot_img

Desa Cisadon, Desa Tertinggal yang tak Dilirik Pemerintah

JURNAL INSPIRASI – Desa ini sering kali disebut sebagai desa tertinggal. Selain memiliki jarak tempuh yang cukup jauh dan medan yang terbilang sulit untuk dijangkau, Desa Cisadon ini berada di Karangtengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Saat ini peran pemerintahan daerah memiliki andil besar dalam setiap pembangunan daerahnya. Namun, dengan satu perhatian bahwa keadilanya tidak hanya terfokus pada pusat dan sekitarnya saja. Namun harus merata semua sesuai dengan kondisi dilapangan.

Salah satu contoh nyatanya adalah Desa Cisadon. Jika dilihat dari letak geografis, walaupun Desa Cisadon terletak diantara bukit – bukit, namun desa ini tidak jauh dari pusat perkotaan.

Masih belum tersentuh pemerintah, bahkan disana belum ada sekolah formal. Melainkan hanya taman baca yang didirikan oleh para relawan yang datang. Setiap pekanya selalu ada relawan yang datang naik keatas untuk mengajar dan memberikan donasi.

 “Jarak yang ditempuh untuk sampai atas pun harus tracking 2- 4 jam jalan kaki,” ucap Aji, salah satu relawan.

Hal ini karena jalanan yang licin serta tanah dengan bebatuan. Ketika hujan kondisi tersebut sangat menyulitkan dan itu menjadi salah satu faktor yang membuat perjalanan ke atas memakan waktu yang cukup lama.

**

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles