33.7 C
Bogor
Thursday, April 18, 2024

Buy now

spot_img

Ekskul di SDN Parakanmuncang 02, Selain Angkung dan Pianika Ada Pramuka dan Keagamaan

JURNAL INSPIRASI – Kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) di Sekolah Dasar Negeri (SDN) Parakanmuncang 02 memasukan tiga bidang kegiatan yang dikembangkan.

Ondeng

Kepala Sekolah SDN Parakanmuncang 02 Ondeng mengatakan, pihaknya bersama guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler melakukan tiga kegiatan yang sudah berjalan yakni pramuka, kesenian dan keagamaan.

“Kesenian modern kita sudah memperkenalkan kepada-anak anak itu kesenian modern pianika sementara kesenian tradisional yaitu angklung,” ungkapnya kepada Jurnal Bogor, kemarin.

Odeng menjelaskan, pihaknya sudah beberapa kali latihan yang dia lihat bersama guru pembimbing. Mereka sudah mengkolaborasikan dua alat musik tradisional dan modern itu.

“Sementara yang dikembangkan bidang keagamaan dibiasakan seperti shalat di pagi hari. Anak-anak melakukan solat Dhuha di mushola. Bahkan, kalau situasi normal itu juga dilakukan hingga shalat Dzuhur berjamaah,”  ujarnya.

Menurut Ondeng, animo siswa di Parakanmuncang 02 terhadap kegiatan ekstrakurikuler itu sangat luar biasa. “Siswa/siswi yang ikut kegiatan ekstrakurikuler ini dari kelas empat, lima dan enam. Mereka semangat dan senang untuk mengikuti kegiatan ini,” ungkapnya.

Karena ini berkaitan dengan prestasi anak, Odeng berharap ada dukungan dari pihak orang tua.”Karena untuk waktu kegiatan ekstrakurikuler ini diluar jam belajar sehingga dukungan dari orang tua dengan bisa memberikan izin untuk anak-anaknya,” harapnya.

Sementara, Guru Pembimbing Bidang Kesenian Ropiatun Nisa mengatakan, tujuan dari ekstrakulikuler tersebut untuk memberikan keterampilan kepada anak-anak agar  dalam menyanyikan lagu daerah maupun modern dengan nadanya yang tepat.

“Dalam satu bulan itu dua kali pertemuan untuk melakukan pelatihan panduan suara sementara untuk latihan angklung dan pianika dua kali dalam sepekan,” kata dia.

Selain itu, kegiatan ini akan mempermudah mereka nanti ketika ingin masuk ke jenjang sekolah berikutnya dan bisa melalui jalur prestasi.

**andres

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles