Warga Bersitegang dengan Aparatur Desa Sipak

0

JURNAL INSPIRASI – Kegiatan temu wicara perihal aspirasi warga di Desa Sipak, Kecamatan Jasinga, Kabupaten Bogor berakhir ricuh. Kericuhan tersebar dalam video amatir warga, dimana dalam video tersebut sempat bersitegang antara warga dan aparat Pemerintah Desa Sipak.

Ketua BPD Desa Sipak, Ade Sutisna mengatakan, terjadinya keributan antara warga dan Pemdes Sipak berawal dari ketidakketerbukaan Kepala Desa Sipak.

“Waktu itu pada musyawarah awal kita memang sudah ketuk palu mau beli ambulans desa, tapi selanjutnya kata kepala Desa Sipak, ada musyawarah interen di RW 07 yang mana pada rapat RT/RW yang juga dihadiri oleh perwakilan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) setempat membahas adanya perubahan,” ungkapnya, kemarin.

Dia menambahkan bahwa BPD dan RW 7 belum menyampaikan pada rapat BPD, karena waktu rapatnya juga tidak hadir, bahkan saat dikonfirmasi oleh Sekretaris BPD ponselnya tidak aktif.

“Menurut penuturan Kepala Desa Sipak seperti itu, dan sebenarnya kami dari BPD juga sebelumnya mengadakan rapat menampung aspirasi masyarakat terkait RTLH dan itu sudah kami sampaikan kepada Pemerintahan Desa Sipak, namun sayangnya pemerintahan desa kita kurang sigap,” ungkapnya.

Warga pun kembali mempertanyakan perihal janji Kades Sipak yang berencana membeli ambulans namun anggaran untuk belanja mobil ambulans dialihkan kepada program lain.

“Sampai terjadilah penyampai aspirasi dan terjadi sedikit ketegangan antara warga dengan pihak desa. Dalam audiensi itu, kami tetap mempertanyakan perihal anggaran pembelian mobil ambulans yang dialokasikan kepada pembangunan jalan tanpa adanya musyawarah dan kami minta ada keterbukaan kepada masyarakat,” paparnya.

Kepala Desa Sipak Agung Suryadinata belum memberikan keterangan saat dikonfirmasi perihal masalah tersebut.

** Andres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here