28.6 C
Bogor
Thursday, April 25, 2024

Buy now

spot_img

Tirta Pakuan Atasi Kekeruhan Air Sungai Ciliwung

Turunkan Kapasitas WTP Katulampa, Kualitas Tetap Terjaga


 
JURNAL INSPIRASI – Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor tetap berusaha memberikan pelayanan terbaik ke pelanggan, meski selama lima bulan kebelakang Sungai Ciliwung mengalami kekeruhan diatas rata-rata atau diatas 600 NTU bahkan mencapai 4.500 NTU. Salah satu caranya dengan menurunkan kapasitas WTP Katulampa, agar kualitas tetap terjaga.
 
Direktur Teknik (Dirtek) Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor, Ardani Yusuf memaparkan, perlu disampaikan wilayah pelayanan zona 7 WTP Katulampa dengan sumber air dari sungai Ciliwung.
Sudah hampir lima bulan kebelakang kekeruhan Sungai Ciliwung rata-rata diatas 600 NTU. 
 
“Bahkan kemarin bisa mencapai 4.500 NTU. Karena itu untuk menjaga kualitas, kami menurunkan kapasitas WTP Katulampa dari 330 liter perdetik menjadi 280 liter perdetik,” ungkap Ardani kepada wartawan, Senin (17/1/2022).
 
Ardani melanjutkan, hal ini berpengaruh terhadap level di Reservoir Katulampa pada pagi hari yang biasanya level Katulampa mencapai 4 meter, namun dengan kondisi saat ini hanya mencapai 2 meter. 
“Kami sedang mencari inovasi terkait dengan kekeruhan yang cukup tinggi. Kami tetap berusaha memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Kota Bogor,” tambahnya.
 
Ardani memaparkan, karena itu pihaknya juga telah mengimbau kepada masyarakat pelanggan Tirta Pakuan zona 7 untuk menampung air. Selain itu pihaknya tetap mensiagakan lima armada tangki duntuk membantu penyediaan air bersih pelanggan terdampak di Zona 7 akibat kekekeruhan air baku Sungai Ciliwung.
“Nantinya apabila diperlukan, mobil tangki milik Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor ini siap bergerak ke titik-titik pelanggan yang melakukan permintaan air bersih. Tetapi sejauh ini pasokan masih aman,” paparnya.
 
Sementara itu, Manager Humas dan Pelayanan Pelanggan Perumda Tirta Pakuan Kota Bogor Sonny Hendarwan mengatakan, untuk armada tangki ini akan terus disiagakan meski pasokan air bersih ke pelanggan sudah kembali normal.
 
“Bagi pelanggan yang membutuhkan pasokan air bersih melalui tangki dapat menghubungi Call Center 24 jam di nomor 0251-8324111 atau chat WA 08111182123,” pungkasnya.

Handy Mehonk | **
 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -
- Advertisement -

Latest Articles